Omicron di Surabaya, Satgas Lacak Keluarga Besar yang Liburan ke Bali

CNN Indonesia
Minggu, 02 Jan 2022 18:02 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan petugas telah melacak keluarga besar yang berlibur ke Bali dan terpapar varian Omicron sepulang liburan. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri). (CNN Indonesia/ Farid)
Surabaya, CNN Indonesia --

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Covid-19 varian Omicron terdeteksi di wilayahnya setelah menjangkit warganya usai berlibur dari Bali.

Liburan itu, kata Eri, tak hanya dilakukan oleh satu keluarga inti atau beberapa orang saja. Melainkan keluarga besar. Karena itu pihaknya pun kini tengah melakukan tracing atau pelacakan.

"Karena liburannya di Bali kan keluarga besar," kata Eri, di rumah dinasnya, Minggu (2/1).

Eri mengatakan, mulanya Omicron ini terdeteksi di satu orang. Kemudian bertambah jadi satu orang. Mereka merupakan keluarga di satu rumah.

"Satu, setelah itu kena lagi keluarga dalam satu rumah," ucapnya.


Kini Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya sudah melakukan blocking area rumah keluarga terjangkit. Sembari terus meningkat tracing.

"Area-area tempatnya dia kami lakukan blocking, juga untuk tempat-tempat yang lain," ujar dia.

Eri juga meminta warga Surabaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan. Sebab sampai saat ini, menurutnya, ahli pun masih mencari tahu sejauh mana bahaya infeksi Covid-19 varian Omicron ini.

"Harus hati-hati, karena kita tidak ngerti Omicron ini bahayanya seperti apa," ujarnya.

Ia menyatakan akan memantau laju kasus di Surabaya sembari menerjunkan petugas Swab Hunter di sejumlah titik di Kota Pahlawan.

(frd/ugo)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER