24 Ribu Warga Aceh Utara Mengungsi akibat Banjir

CNN Indonesia
Senin, 03 Jan 2022 14:38 WIB
Sebanyak 24.332 jiwa warga Kabupaten Aceh Utara mengungsi akibat banjir yang melanda sejak Sabtu (1/1). Jumlah itu tersebar di 108 desa di kabupaten tersebut. Ilustrasi. Pengungsi banjir memasak makanan di dapur swadaya warga di Desa Alue Thoe, Kecamatan Matang Kuli, Aceh Utara, Aceh, Minggu (6/12/2020). Foto: ANTARA FOTO/RAHMAD
Aceh, CNN Indonesia --

Sebanyak 24.332 jiwa warga Kabupaten Aceh Utara mengungsi akibat banjir yang melanda wilayah setempat sejak Sabtu (1/1). Jumlah itu tersebar di 108 desa di kabupaten tersebut.

Plt Kepala BPBD Aceh Utara Murzani mengatakan, situasi banjir di daerah itu semakin parah dan sudah merendam 14 kecamatan termasuk ibu kota kabupaten Aceh Utara.

14 Kecamatan yang hingga kini terendam banjir ialah Kecamatan Dewantara, Sawang, Banda Baro, Cot Girek, Matangkuli, Pirak Timu, Lhoksukon, Samudera, Tanah Luas, Langkahan, Kuta Makmur, Geureudong Pase, Syamtalira Aron dan Paya Bakong.


"Total sekitar 1.111 unit rumah terendam. Jumlah warga yang mengungsi akibat banjir 24.332 jiwa," kata Murzani kepada wartawan, Senin (3/1).

Masing-masing pengungsi tersebar di Kecamatan Lhoksukon 14.945 jiwa, Matangkuli 1.280, Tanah Luas 3.302, Cot Girek 116 KK, Samudera 303 KK, Langkahan 1.292 dan Kecamatan Kuta Makmur sebanyak 200 jiwa pengungsi.

Pihaknya belum merinci berapa kerugian materi yang disebabkan banjir tersebut. Sedangkan, banjir di beberapa lokasi hingga saat ini mulai surut.

Murzani mengatakan penyebab banjir bukan hanya akibat curah hujan yang tinggi saja, melainkan karena beberapa tanggul penyangga di wilayah itu jebol. "Kalau di Lhoksukon itu banjir akibat jebolnya tanggul Krueng Peuto," ucapnya.


Sementara akibat banjir tersebut seorang remaja yang berusia 12 tahun meninggal dunia karena terseret arus banjir dan masuk ke dalam saluran irigasi. Korban ditemukan kemarin sore oleh petugas SAR dibantu TNI-Polri.

Pihak BPBD Aceh Utara saat ini sudah mendirikan tenda darurat di lokasi pengungsian dan mendistribusikan bantuan untuk keperluan makanan para warga yang terdampak banjir.


(dra/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER