Obat Covid Molnupiravir Tiba di Indonesia Hari Ini

CNN Indonesia
Senin, 03 Jan 2022 15:45 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan obat Covid-19 Molnupiravir akan tiba di Indonesia, Senin (3/1) Ilustrasi. Obat Molnupiravir (REUTERS/MERCK & CO INC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, obat alternatif Covid-19 Molnupiravir akan tiba di Indonesia pada hari ini.

"Hari ini kita akan datang Molnupiravir impor," kata Budi dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1).

Budi menyebut, obat Molnupiravir itu akan disimpan terlebih dahulu untuk dipersiapkan jika terjadi lonjakan kasus Covid-19. Menurutnya, Molnupiravir terbukti ampuh mengurangi perburukan kondisi kesehatan.


"Jadi kita sudah simpan dulu jadi kalau nanti ada apa apa kita sudah siapkan obatnya karena ini terbukti bisa mengurangi laju masuknya ke rumah sakit untuk orang orang yang terkena covid yang saturasinya masih di atas 95 persen," jelas dia.

Sebelumnya Kemenkes telah membeli sekitar 600-1 juta tablet Molnupiravir pada November lalu. Pembelian obat Covid-19 ini disebut cara Kemenkes mengantisipasi gelombang ketiga yang diprediksi terjadi sehabis periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Berdasarkan penelitian, Molnupiravir mampu memberikan proteksi sebesar 50 persen, namun hasil terkini bergeser ke 30-40 persen.

Selain Molnupiravir, Kemenkes juga telah membeli obat Covid-19 besutan Pfizer, Paxlovid yang diklaim bisa mencegah tingkat kematian hingga 90 persen dan mengurangi potensi rawat inap hingga 70 persen.Budi menyebut, obat Paxlovid juga kan didatangkan pada bulan ini.

"Obat obatan baru kita siapkan. Dua yang sudah disetujui FDA, Monupilavir dan Paxlovid. Insya allah di bulan Januari sudah bisa kita datangkan," kata Budi di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat (29/12).

(yla/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER