Warga Britania Raya Diduga Omicron Dirawat di Medan, Sempat ke Jakarta

CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 16:33 WIB
Seorang pria asal Britania Raya yang diduga positif Omicron sebelumnya melakukan perjalanan dari Belgia, Singapura, Jakarta lalu ke Medan. Ilustrasi Covid Omicron. Seorang pria asal Britania Raya yang diduga positif Omicron sebelumnya melakukan perjalanan dari Belgia, Singapura, Jakarta lalu ke Medan. (iStockphoto)
Medan, CNN Indonesia --

Seorang pria berinisial JIA (60) terpapar Covid-19 diduga varian Omicron di Kota Medan. Pria asal Britania Raya tersebut dirujuk ke RS Royal Prima Medan karena menunjukkan gejala mirip Omicron.

"Yang bersangkutan bukan warga Medan, dia dirawat di salah satu rumah sakit di Medan. Yang bersangkutan masuk rumah sakit tadi pagi. Gejala mirip Omicron," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah, Rabu (5/1).

Aris menyebutkan JIA tiba di Medan pada Rabu (5/1). Dia sebelumnya melakukan perjalanan dari Belgia, Singapura, Jakarta dan Medan.


"Sampe Medan tadi pagi. Dan di Singapura konfirmasi positif pada 4 Januari. Dia belum sembuh. Tapi melakukan perjalanan sampai ke Medan," jelasnya.

Aris menambahkan JIA sempat dikarantina di KKP Bandara Kualanamu. Di sana, setelah diperiksa, JIA ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

"Yang pasti tadi masuk rumah sakit. Beliau sempat juga dikarantina di KKP Kualanamu. Dari sana terkonfirmasi positif," paparnya.

Menurut Aris, sampel pemeriksaan GS milik JIA akan dikirim ke Jakarta untuk mendeteksi apakah positif Omicron.

"Dia positif Covid. Pemeriksaan varian Omicron ada lagi, sampel dikirim ke Jakarta diperiksa melalui Whole Genome Sequencing (WGS). Nanti baru diketahui," jelasnya.

(fnr/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER