Dukcapil: Daerah Tak Ada Sinyal Internet, Bikin KTP Manual

CNN Indonesia
Jumat, 07 Jan 2022 12:13 WIB
Dukcapil tetap menerapkan prinsip double track system service pembuatan KTP: layanan digital dan layanan secara fisik manual. Pelajar mengikuti perekaman KTP elektronik dalam layanan jemput bola yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan. Selasa (23/11/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan KTP digital bisa dibuat secara fisik dengan mendatangi kantor Disdukcapil setempat.

Kondisi ini berlaku untuk daerah yang kesulitan sinyal internet (blankspot) atau bagi warga yang tidak memiliki ponsel pintar.

Zudan mengatakan pihaknya memberikan pelayanan identitas digital ini secara bertahap. Bagi warga yang kesulitan mendaftar KTP digital, bisa mendaftar secara manual di kantor Disdukcapil seperti saat pembuatan KTP fisik.


"Dukcapil tetap memberikan pelayanan identitas digital ini secara bertahap, yang belum punya HP, enggak ada jaringan, tetap kita layani dengan bentuk fisik dan pelayanan manual seperti sekarang ini," kata Zudan melalui keterangan tertulis, Jumat (7/1).

Dia menjelaskan untuk membuat KTP digital, warga harus memiliki gawai, daerah dengan koneksi internet yang baik, serta bisa menggunakan teknologi. Masyarakat yang bisa mengakses internet dengan baik serta memiliki gawai, diminta untuk mendaftar KTP digital secara daring.

"Dukcapil tetap menerapkan prinsip double track system service. Pemberian layanan dengan dua jalur, yaitu layanan digital dan layanan secara fisik manual," tutur Zudan.

Sebagai informasi KTP digital berbentuk quick response (QR Code) sehingga tidak lagi berbentuk kartu fisik. QR Code itu akan tersimpan dalam gawai melalui aplikasi Identitas Digital, sehingga warga tak perlu menunjukkan KTP fisik saat butuh data kependudukan.

Selain e-KTP, informasi yang ada dalam aplikasi itu termasuk kartu keluarga, NPWP, kepemilikan kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan kartu vaksinasi Covid-19.

Kemendagri sebelumnya menguji coba e-KTP digital di 50 kabupaten/kota, beberapa di antaranya yakni Bandung (Jawa Barat), Salatiga (Jawa Tengah), serta dua daerah di Nusa Tenggara Barat yakni Dompu dan Bima. 

(mln/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER