Survei Indikator: Prabowo Capres Tertinggi, Anies Cawapres Terfavorit

CNN Indonesia
Minggu, 09 Jan 2022 17:04 WIB
Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyatakan elektabilitas Prabowo sebagai calon presiden mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyatakan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai capres, sementara Anies Baswedan jadi cawapres terfavorit (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden dalam hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

Prabowo berada di urutan paling atas dari 33 nama capres potensial 2024, yakni di angka 22,4 persen. Dia mengungguli Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Gubernur DKI Jakarta Anies yang berada di urutan kedua dan ketiga.

"Prabowo 22,4 persen, Ganjar 18 persen, Anies 15,8 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparan hasil survei lembaganya, Minggu (9/1).


Sementara itu, Anies unggul di bursa cawapres. Elektabilitas Anies berada di angka 14,7 dan mengungguli 30 nama cawapres potensial 2024 seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Ganjar.

"Anies 14,7 persen, Sandi 12,4 persen, dan Ganjar 10,4 persen," paparnya.

Sandi menyalip ke posisi teratas dalam simulasi 12 nama capres potensial 2024 yang menghilangkan nama Anies dan Ganjar. Ia mendapatkan elektabilitas sebesar 25 persen. Ia mengungguli Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, serta Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Sandi 25 persen, Ridwan Kamil 15,3 persen, AHY 12 persen," katanya.

Terkait pilihan partai politik, hasil survei Indikator Politik Indonesia memperlihatkan hanya delapan partai politik yang berhasil melewati ambang batas parlemen. Elektabilitas tertinggi masih dipegang PDIP dengan 26,4 persen.

"PDIP 26,4 persen, Gerindra 11,1 persen, Golkar 10,4 persen, Demokrat 8,7 persen, PKB 6,8 persen, PKS 5,3 persen, NasDem 4 persen, dan PPP 4 persen," paparnya.

Hasil ini diperoleh Indikator Politik Indonesia dari survei yang dilakukan terhadap masyarakat berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dengan metode multistage random sampling pada 6-11 Desember 2021.

Melibatkan sebanyak 2020 responden, dengan jumlah sampel basis sebanyak 1.220 orang yang tersebar proporsional di 34 provinsi serta dilakukan penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur

Ukuran sampel basis 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(mts/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER