Airlangga Larang Kader Golkar ke Luar Negeri: Jangan Bawa Penyakit

CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 00:01 WIB
Airlangga Hartarto mengingatkan kader Golkar di DPR agar tak melakukan kunjungan ke luar negeri di tengah ancaman Covid-19. Ketum Golkar Airlangga Hartarto. (CNNIndonesia/ Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengingatkan agar anak buahnya di DPR untuk sementara waktu tidak bepergian ke luar negeri. Hal ini sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) varian Omicron di Indonesia.

Hal tersebut Airlangga sampaikan saat berpidato dalam acara Refleksi 2021-Proyeksi 2022, Forum Diskusi Nasional PPK Kosgoro 1957, Selasa (11/1) yang ditayangkan secara virtual.

"Saya ingatkan teman-teman yang sangat dekat dengan luar negeri, Komisi I dan BKSAP untuk menahan perjalanan dulu (ke luar negeri)," kata Airlangga.


Menurut dia, hal itu juga merupakan arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Menurut dia, saat ini banyak kasus virus corona varian Omicron di Indonesia akibat pelaku perjalanan luar negeri.

"Arahan bapak presiden, di luar negeri sedang banyak penyakit, jangan kita datangi dan bawa pulang penyakit. Pesannya demikian," jelas Airlangga.

Sampai dengan Senin (10/1), jumlah kasus virus corona varian Omicron di Indonesia mencapai 414 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 114 dinyatakan telah sembuh.

Sementara, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan ada 407 kasus varian Omicron di Ibu Kota. Dari jumlah itu, 85 persen atau 350 kasus merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

Terkait kasus Omicron, pemerintah bakal mencatat secara terpisah data kasus yang berasal dari pelaku perjalanan luar negeri dengan transmisi lokal.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga meminta seluruh masyarakat dan pejabat negara tak berpergian keluar negeri setelah kasus varian Covid-19 Omicron terdeteksi di Indonesia. Jokowi ingin semua pihak waspada terhadap penyebaran varian baru tersebut.

"Saya minta seluruh warga dan pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian keluar negeri, paling tidak sampai situasi reda," kata Jokowi lewat Youtube Sekretariat Negara, Kamis (16/12).

(dmi/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER