Komisi III DPR Usir Komnas Perempuan karena Telat Datang Rapat

CNN Indonesia
Kamis, 13 Jan 2022 12:50 WIB
Perwakilan Komnas Perempuan sempat bertahan di dalam ruangan ketika diusir hingga membuat jengkel pimpinan Komisi III DPR. Ilustrasi rapat di Komisi III DPR (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mengusir perwakilan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) saat agenda rapat kerja di DPR RI, Kamis (13/1).

Desmond menyebut Komnas Perempuan dilarang mengikuti raker karena datang lebih dari jam 10.00 WIB sebagaimana yang telah dijadwalkan.

"Maaf ya Komnas Perempuan silakan keluar, kita rapat jam 10. Silakan keluar," kata Desmond.


Komnas Perempuan masih di dalam ruangan ketika diminta keluar. Desmond pun lantas terus-menerus meminta Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani untuk keluar ruangan.

Alasan lain Komnas Perempuan harus keluar bukan hanya telat, menurut Desmond, melainkan juga tidak beretika. Sebab, Komnas Perempuan langsung memasuki ruangan tanpa meminta izin terlebih dahulu.

"Anda tidak menghormati forum, karena hadir telat, silakan di luar dulu. Langsung duduk enggak ada etikanya, harusnya izin dulu. Silakan keluar," ucapnya.

Andy lantas merespons tanggapan Desmond. Ia mengaku sudah mengikuti rapat sejak pukul 10.00 WIB secara daring. Namun, alasan itu tidak diterima oleh Desmond.

"Bukan. Saya ingin menyampaikan tadi, saya sudah mengikuti lewat online," ujar Andy.

"Enggak, enggak. Silahkan keluar. Memang anda tidak menghormati rapat jam 10," balasnya menyela.

"Kemudian ada persoalan yang tidak mungkin kami elak. Tapi saya sudah mengikuti sejak awal," lanjut Andy.

Desmond tetap kukuh meminta Komnas Perempuan keluar. Akhirnya, Komnas Perempuan pun keluar.

Setelah Komnas Perempuan keluar, Desmond mengingatkan agar semua pihak datang tepat waktu jika diundang rapat. Ia menyebut harus ada etika selama berkegiatan di parlemen.

"Lain kali datang tempat waktu, dan jangan langsung nyelonong. Harusnya kasih tahu sekretariat boleh enggak kita masuk? Boleh, baru duduk. Ini kan ada etika parlemennya. Oke lain kali kita akan perbaiki sama-sama. Silakan, makasih," jelasnya.

(yla/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER