Sebelum Jadi Bupati PPU, Abdul Gafur Dikenal sebagai Pengusaha Migas

CNN Indonesia
Kamis, 13 Jan 2022 17:35 WIB
Sebelum menjadi Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud dikenal sebagai seorang pengusaha migas di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebelum menjadi Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud dikenal sebagai seorang pengusaha migas di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Tangkapan layar instagram @abdulgafurmasud)
Samarinda, CNN Indonesia --

Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud (AGM) terjaring operasi tangkap tangan atau OTT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 12 Januari 2021.

Sebelum menjadi bupati dan terkena jerat OTT KPK, Abdul Gafur dikenal sebagai seorang pengusaha migas. Dia merupakan pemilik PT Petro Perkasa Indonesia.

Kepala daerah yang karib disapa AGM ini lahir pada 7 Desember 1987 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia merupakan anak ke-8 dari pasangan Mas'ud dan Syarifah Ruwaidah Alqadri. Dia juga merupakan cucu dari KH Muhammad Husain atau lebih akrab disebut Puang Kali Malunda.


Ayah enam anak ini diketahui telah menjadi pengusaha di usia muda dan juga aktif berorganisasi. Karier organisasinya diketahui berkiprah di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) hingga menjadi wakil ketua umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi di Jakarta. AGM juga sempat menjadi Wakil Koordinator Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Timur dan Wakil ketua Sumber Daya Alam dan Mineral BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Gafur masuk ke politik pada 2015 silam, di mana dia bergabung ke Partai Demokrat.  Setahun kemudian dia mendapatkan mandat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan.

Dua tahun kemudian, persisnya 2018, AGM yang masih berusia 31 tahun maju dalam Pilkada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Bersama Hamdan, keduanya berhasil memenangkan Pilbup PPU 2018. Kenduri demokrasi tersebut juga mengantarkan namanya sebagai bupati termuda di Indonesia kala itu.

Agenda unggulan yang akan dilaksanakan ketika memimpin PPU adalah program pembangunan di empat kecamatan. Sebab salah satu cita-cita utamanya adalah memperbaiki infrastruktur jalan, agar tidak terisolasi dan tertinggal. Tak lupa, program pendidikan dan kesehatan gratis juga menjadi prioritasnya selama memimpin PPU lima tahun mendatang. Bupati AGM juga kerap membagikan kegiatannya di media sosial Instagramnya yang bercentang biru.

Di satu sisi, lewat tangan dinginnya pula Partai Demokrat Balikpapan mengalami peningkatan suara sebanyak 5000 suara dalam Pemilu Legislatif 2019.

Kini adik dari Anggota DPR RI Rudi Mas'ud itu harus berhadapan dengan hukum lantaran terciduk OTT KPK. KPK mengamankan Gafur dengan sejumlah orang di Jakarta dan ada juga yang ditangkap di Kalimantan Timur.

Lembaga antirasuah ini juga membekuk sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Pemkab PPU dan pihak swasta. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan OTT dilakukan di dua tempat, yakni Jakarta dan Kalimantan Timur. Di Jakarta, KPK menangkap tujuh orang, termasuk Abdul Gafur.

"Dalam kegiatan dimaksud, KPK menangkap tujuh orang di Jakarta, di antaranya Bupati Penajam Paser Utara dan beberapa pihak ASN Pemkab PPU dan swasta lainnya," ujar Ali saat dikonfirmasi, Kamis (13/1).

Ali menambahkan, para pihak yang ditangkap di Jakarta sudah dibawa ke Gedung KPK. Mereka masih dimintai keterangan. Sedangkan, empat orang lainnya ditangkap di Kaltim juga berasal dari kalangan ASN dan pihak swasta juga dibawa ke Jakarta untuk diperiksa di markas KPK.

(rio/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER