Pindah Ibu Kota, Pansus DPR Akan Tinjau BSD dan Alam Sutera

CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 02:40 WIB
Lngkah meninjau BSD dan Alam Sutera dilakukan karena dua daerah itu dikategorikan memenuhi konsep terkait Ibu kota negara baru. Pansus IKN akan survei BSD dan alam sutera. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) DPR RI akan melakukan peninjauan lapangan ke dua daerah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten yakni Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera jelang pengesahan RUU IKN menjadi UU.

Ketua Pansus RUU IKN DPR, Ahmad Doli Kurnia, menyatakan bahwa IKN baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur memiliki konsep smart city, sustainable city, dan green city.

Menurutnya, langkah meninjau BSD dan Alam Sutera dilakukan karena dua daerah itu dikategorikan memenuhi konsep terkait IKN baru.


"Kita kan ini sekarang membangun ibu kota baru, kota baru. Kota baru ini kan disebut smart city, kemudian sustainable city, green city. Kita juga harus melihat contoh-contoh di mana tempat-tempat yang sudah dikategorikan memenuhi slogan-slogan itu," kata Doli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (13/1).

Waketum Partai Golkar itu menyampaikan, pemerintah juga mengusulkan supaya pihaknya ikut mempunyai bayangan terhadap kota yang mau dibangun.

Menurutnya, peninjauan lapangan ini penting dilakukan karena pihaknya sudah mau masuk tahap pembicaraan soal master plan IKN baru.

Doli bilang, peninjauan lapangan ke BSD dan Alam Sutera akan dilakukan pada Minggu (16/1), setelah pihaknya meninjau Kaltim lebih dahulu.

"Apalagi kita nanti sudah mau bicara soal master plan, itu nanti terkait dengan itu. Kemudian kita juga akan berkunjung pada hari minggu ke BSD dan Alam Sutera," ucapnya.

Sebagai informasi, RUU IKN rencananya bakal disahkn menjadi UU pada Selasa (18/1).

Ketua DPR Puan Maharani mengaku sedang menunggu hasil pembahasan Pansus RUU IKN DPR dengan pemerintah terkait pasal-pasal yang dituangkan di draf RUU IKN.

"Hanya kita sedang menunggu dulu bagaimana kemudian [Pansus RUU IKN] DPR dengan pemerintah dalam pembahasan tersebut, apakah sudah ada kesepakatan bersama, dalam artian bahwa pasal-pasal yang akan disepakati itu memang sesuai dengan harapan kita," kata Puan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (11/1).

(mts/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER