Anies Pastikan Biaya Perawatan Remy Sylado Ditanggung Pemprov DKI

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 22:11 WIB
Gubernur Jakarta Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado yang sakit dan memastikan biaya perawatannya ditanggung Pemprov DKI. Gubernur Jakarta Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado yang sakit dan memastikan biaya perawatannya ditanggung Pemprov DKI. Foto: (Sumber: Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membesuk sastrawan Remy Sylado yang sudah setahun lebih terbaring sakit di kediamannya, Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Anies datang bersama rombongan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ditemani pendiri Teater Tanah air, Jose Rizal Manua.

Jose mengatakan mulanya mengabarkan kondisi Remy yang sudah lebih setahun terbaring sakit dan tidak memiliki uang untuk berobat kemarin (13/1). Anies merespons kabar tersebut dan membesuk Remy Pada Jumat (14/1) siang.


"Remy Sylado kan sudah setahun lebih terbaring sakit dan kesulitan dana segala macam. Kemudian saya ceritakan kepada Pak Anies kemarin, terus hari ini Pak Anies merespon datang ke rumahnya dan melihat keadaannya langsung," kata Jose saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (14/1) malam.

Jose mengatakan, meski lama menderita sakit, pikiran dan kesadaran Remy masih baik. Belum diketahui secara pasti sakit yang diderita Remy karena kendala keuangan untuk berobat. Namun, ia mengatakan Remy tidak bisa berjalan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda menjenguk budayawan dan sastrawan Remy Sylado yang sakit sekitar satu tahun di rumahnya, Kampung Melayu. Remy kemudian dirujuk ke RS Tarakan dan mendapatkan perawatan VIP, Jumat (14/1).Foto: (Sumber: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda menjenguk sastrawan Remy Sylado yang sakit sekitar satu tahun di rumahnya, Kampung Melayu. Remy kemudian dirujuk ke RS Tarakan dan mendapatkan perawatan VIP, Jumat (14/1).

Ketika menjenguk, kata Jose, Anies dan Remy bercakap-cakap mengenai novel karya sastrawan tersebut, baik yang sedang digarap ataupun yang masih setengah jalan.

Anies kemudian mendorong Remy agar mau ke rumah sakit guna memeriksa sakit yang ia derita supaya karyanya bisa terus berlanjut.

"Pak Anies ingin supaya novel ini bisa segera selesai Bang Remy harus mau ke rumah sakit sekarang," kata Jose.

Kata Jose, setelah mendengar itu, Remy terlihat senang. Anies kemudian merujuk Remy ke Rumah Sakit Tarakan dan mendapatkan perawatan VIP.

Perawatan Remy sepenuhnya ditanggung Pemprov DKI Jakarta. Menurut Jose, Anies memandang Remy sebagai aset negara. Laki-laki itu cakap bermusik, bermain teater, ahli bahasa, dan film.

"Tadi Pak Anies bilang, sekarang ditangani sama Pemprov DKI semua keadaan bang Remy, terus tadi dirujuk ke RS Tarakan di VIP," kata Jose.

"Tidak banyak seniman yang seistimewa Remy Sylado saya kira," tambah Jose.



(iam/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER