Seribu Kasus Sehari di Januari dan Ancaman Lonjakan Covid Awal Maret

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 07:45 WIB
Pemerintah memprediksi puncak kasus sebaran varian Omicron di Indonesia akan terjadi pada awal hingga pertengahan Februari atau bahkan awal Maret 2022. Ilustrasi pandemi covid-19 di Indonesia. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah penambahan kasus harian warga terpapar virus corona (Covid-19) sempat mencetak rekor tertinggi dalam tiga bulan terakhir, dengan capaian 1.054 kasus pada Sabtu (15/1).

Tercatat, jumlah tambahan kasus harian itu merupakan yang tertinggi sejak 13 Oktober 2021.

Pada 13 Oktober 2021 sebelumnya, pemerintah melaporkan kasus harian positif Covid-19 mencapai 1.233 orang. Kemudian, tren jumlah penambahan kasus baru cenderung dan relatif menurun dan berada di bawah angka 1.000 kasus dalam sehari.


Pemerintah pun telah memprediksi puncak kasus virus corona akibat sebaran varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron di Indonesia akan terjadi pada awal hingga pertengahan Februari atau bahkan awal Maret 2022. Lonjakan kasus itu bahkan diprediksi bisa mencapai 60 ribu kasus dalam sehari.

Prediksi jumlah itu lebih tinggi dari rekor penambahan kasus harian yang terjadi pada 15 Juli dengan 56.757 kasus, akibat sebaran varian Delta yang telah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan mencatat kasus varian Omicron di Indonesia terus mengalami peningkatan. Per 12 Januari terjadi penambahan 66 kasus Omicron, sehingga secara keseluruhan terdapat 572 kasus warga yang terkonfirmasi terpapar varian Omicron di Indonesia.

Ratusan pasien Omicron itu menjalani masa karantina dengan jumlah paling banyak di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, yakni sekitar 339 orang. Sementara sisanya menjalani karantina di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Satgas Penanganan Covid-19.

(ain/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER