Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Bagian Transformasi Besar-besaran

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 14:20 WIB
Presiden Jokowi menegaskan pemindahan ibu kota negara bukan sekadar memindahkan fisik kantor pemerintahan. Pemindahan berujuan agar RI semakin kompetitif. Presiden Jokowi menegaskan pemindahan ibu kota negara bukan sekadar memindahkan fisik kantor pemerintahan. Pemindahan berujuan agar RI semakin kompetitif. (REUTERS/YVES HERMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo, mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur merupakan bagian transformasi Indonesia. Ia menegaskan, pemindahan IKN tak sekadar memindahkan bangunan.

"Ibu Kota Negara kita ini adalah bagian dari transformasi besar-besaran yang ingin kita lakukan tersebut, pembangunan Ibu Kota Negara ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutannya dalam Dies Natalis Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Senin (17/1).

Jokowi menegaskan, tujuan utama pemindahan IKN adalah membangun kota baru yang memiliki konsep smart city. Selain itu, pemindahan IKN bertujuan agar Indonesia semakin kompetitif di tingkat global.


Menurut dia, pemindahan IKN ini juga sebagai upaya membangun lokomotif baru untuk transformasi menuju Indonesia berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau.

"Secara fisik pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur harus menjadi momentum untuk membangun sebuah kota yang sehat, efisien, produktif," ujar Jokowi.

"Yang dirancang sejak awal, yang warganya ke mana-mana dekat, ke mana-mana bisa naik sepeda, bisa jalan kaki, karena zero emission yang menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan yang berkelas dunia," kata dia menambahkan.

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengungkapkan nama ibu kota negara (IKN) baru ialah Nusantara.

Menurutnya, nama tersebut dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah dikonfirmasi kepada dirinya secara langsung pada Jumat (14/1) lalu.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Bapak Presiden pada Jumat dan beliau mengatakan IKN ini namanya Nusantara," kata Suharso dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (17/1).

(dmi/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER