Pengamat Ungkap Peluang Airlangga Rebut Ganjar Jika Puan Capres PDIP

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 05:41 WIB
Pengamat menilai peluang Golkar menggaet Ganjar Pranowo di pilpres 2024 terbuka saat PDIP menjadikan Puan sebagai capres. Ilustrasi Golkar akan rebut Ganjar di pilpres 2024. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, berpeluang menggandeng Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, peluang itu terbuka karena Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengusung Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, sebagai calon presiden (capres).

"Banyak kemungkinan. Salah satu kemungkinan bisa berkoalisi dengan Airlangga," kata Ujang saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (17/1).


Ia memandang, mengusung Puan sebagai capres di Pilpres 2024 merupakan harga mati bagi PDIP.

Menurutnya, langkah tersebut bakal ditempuh PDIP dengan menggandeng Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk berduet dengan Puan.

"PDIP pasti ke Puan, itu harga mati. Apalagi ada trah dari Soekarno," kata Ujang.

Ia pun menilai, duet Airlangga dengan Ganjar akan membuat pertarungan di Pilpres 2024 menjadi menarik karena Ganjar memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai capres di beberapa hasil survei.

Menurutnya, pertarungan Pilpres 2024 juga akan menjadi menarik karena suara PDIP akan terbelah ke Ganjar dan Puan.

"Ada yang ke Puan. dan ada juga yang menyebar ke capres lain," kata Ujang.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid pernah membuka peluang duet Airlangga dengan Ganjar di Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkan Nurdin kepada Ketua Umum Ganjarist, Mazdjo Pray, dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/11).

Menurutnya, kelompok pendukung Ganjar sebagai capres 2024 tak perlu khawatir jika nantinya tidak diusung PDIP. Menurutnya, Golkar akan terbuka memberikan tempat untuk Ganjar.

"Nanti kalau Ganjar tidak mendapatkan tempat di partainya, ada Golkar terbuka. Apakah nomor satu [atau] nomor dua, itu soal nanti. kan Pak Airlangga tidak mungkin maju sendiri, pasti ada wakil," tutur Nurdin.

Ganjar merespons santai hal tersebut. Ia menegaskan dirinya masih menjadi kader PDIP.

"Aku masih PDIP kok, masih kader PDI-Perjuangan," tegas Ganjar usai pembukaan acara Festival HAM di Semarang, Rabu (17/11).

(mts/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER