Restoran Legendaris Soto Cak Har di Surabaya Kebakaran

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 14:14 WIB
Karywan dan pelanggan berhamburan menyelamatkan diri saat kebakaran melanda restoran soto ayam Lamongan legendaris di Surabaya, Soto Cak Har. Restoran soto ayam Lamongan legendaris di Surabaya, Soto Cak Har, di Jalan Dr Ir Soekarno, dilaporkan mengalami kebakaran. Foto: Arsip Command Center Surabaya
Surabaya, CNN Indonesia --

Restoran soto ayam Lamongan legendaris di Surabaya, Soto Cak Har, di Jalan Dr Ir Soekarno, dilaporkan mengalami kebakaran. Karyawan dan pelanggan pun berhamburan menyelamatkan diri. Sebagian bangunan hangus.

Salah seorang karyawan Cak Har menceritakan, kebakaran terjadi pukul 11.30 WIB, Rabu (19/1). Saat tengah bekerja, ia melihat jilatan api menyambar, dirinya pun langsung kabur ke arah luar gedung untuk menyelamatkan diri.

"Saya tadi lihat percikan api dari kasir langsung buru-buru keluar menyelamatkan diri," kata salah satu karyawan Cak Har.


Salah seorang pekerja bangunan bernama Solikhin mengaku, hari ini dia mendapat pekerjaan untuk mengelas atap atau kanopi di rumah makan tersebut.

Saat proses pengelasan, ia tiba-tiba mendengar suara letusan. Letusan tersebut rupanya menimbulkan percikan api yang kemudian membakar sebagian atap yang berada di kasir.

"Saya ngelas kanopi di belakang. Kan, saya posisinya di atas, di bawah banyak plastik, tahu-tahu api sudah membesar," beber Solikhin.

Selang beberapa saat kemudian, sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Pemilik restoran, Kahar alias Cak Har, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Api muncul diduga dari proyek pembangunan kanopi atap dapur.

"Tadi kejadiannya 11.30 WIB siang, di belakang membuat kanopi untuk membuat tambahan atap dapur supaya enggak kehujanan," kata Cak Har.

Ia menyebut, percikan api pembangunan atap kanopi itu diduga menyambar sampah di bawahnya. Api kemudian membesar dan melalap sebagian atap dan gedung restoran.

Atas kebakaran ini, Cak Har mengaku belum tahu berapa kerugian yang ditelannya. Ia hanya bersyukur bahwa kejadian tersebut tak sampai memakan korban.

"Alhamdulillah untuk korban tidak ada. Jadi semua karyawan pengunjung selamat semua. Belum tahu kerugiannya berapa masih dihitung," ucap dia.

Sementara itu, Kapolsek Sukolilo Kompol M Sholeh mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di restoran tersebut.

"Kami masih menyelidiki penyebabnya dari mana dan menghitung kerugian," kata Sholeh.



Namun, dugaan sementara penyebab api muncul dari korsleting listrik saat pekerja mengelas sebuah atap kanopi di tempat makan tersebut.

"Dugaan sementara karena pengelasan kanopi di atas, lalu muncul percikan api yang menyambar ke dapur dan ke kasir depan," pungkas dia.

Pantaun di lokasi, akibat kebakaran tersebut sebagian atap restoran tampak hangus terbakar. Begitu juga peralatan di dapur Soto Cak Har.

(frd/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER