Kemenkes: Sejak Omicron Terdeteksi, Tren Keterisian RS Naik 1,6 Kali

CNN Indonesia
Kamis, 20 Jan 2022 04:49 WIB
Data kemenkes mencatat tren hospitalisasi atau BOR RS Rujukan pasien Covid sejak gelombang Omicron di RI naik sebanyak 1,6 kali. Ilustrasi. Data kemenkes mencatat tren hospitalisasi atau BOR RS Rujukan pasien Covid sejak gelombang Omicron di RI naik sebanyak 1,6 kali. (AP/Achmad Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan tren hospitalisasi atau tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) rumah sakit (RS) rujukan pasien Covid-19 meningkat sekitar 1,6 kali sejak Indonesia mendeteksi kasus varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron pada 15 Desember 2021.

Kemenkes kemudian membandingkan, pada periode 15 Desember 2021, saat kasus Omicron pertama terdeteksi di Indonesia, tingkat keterisian RS berada di 2.369 orang. Kemudian sebulan setelahnya atau tepatnya pada 16 Januari, pasien Covid-19 yang dirawat meningkat menjadi 4.575 orang.

"Tren hospitalisasi turun meningkat karena kasus Omicron tanpa gejala atau ringan diisolasi di RS. Sehingga, rasio perawatan atau kasus aktif naik 1,6 kali lebih tinggi dibandingkan awal Desember," tulis laporan data Kemenkes yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (19/1).


Kemenkes melanjutkan, Per 19 Januari, jumlah kasus Omicron meningkat menjadi 882 kasus. Dengan rincian, 649 merupakan kasus dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Kemudian 174 kasus transmisi lokal, dan 59 lainnya masih diteliti sumber penularannya.

Dari temuan sumber penularan itu, diketahui kasus Pelaku Perjalanan Luar Negeri PPLN terbanyak asal negara keberangkatan adalah Arab Saudi 113 kasus. Kemudian Turki 107 kasus, Amerika Serikat 72 kasus, Malaysia 57 kasus, dan Uni Emirat Arab 47 kasus.

Kemenkes juga mencatat, kasus aktif mengalami peningkatan hingga 3.700 orang. kasus aktif merupakan kasus warga yang tengah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Meski telah ada transmisi Omicron, fatalitas (kasus kematian) belum tampak meningkat," demikian keterangan Kemenkes.

Di satu sisi, merujuk pada rekapitulasi tempat tidur Covid di rumah sakit per 17 Januari 2021 pukul 13.00 WIB yang dikutip dari situs Kemenkes, BOR RS se-Indonesia rata-rata adalah 7 persen, sementara ICU 3 persen. Untuk di Jakarta, per tanggal yang sama BOR RS-nya adalah 34 persen untuk isolasi dan 5 persen untuk ICU.

(khr/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER