Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Guyur DKI Jakarta Hari Ini

rds | CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 09:26 WIB
DKI Jakarta dan sekitarnya diprediksi akan diterjang hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Minggu (23/1). Ilustrasi. DKI Jakarta dan sekitarnya diprediksi akan diterjang hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Minggu (23/1). (Foto: CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi akan mengguyur DKI Jakarta dan sejumlah provinsi lainnya di Indonesia pada Minggu (23/1).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga berpotensi menerjang Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, hingga Sumatera Selatan.

Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga diprediksi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang.


"Warga yang tinggal di wilayah yang berpeluang mengalami hujan lebat dan angin kencang mesti mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam," demikian bunyi peringatan dini BMKG seperti dikutip Antara.

Hujan lebat bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Angin kencang bisa menyebabkan pepohonan tumbang dan menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Menurut BMKG, keberadaan sirkulasi siklonikserta daerah pertemuan angin atau daerah konvergensi/konfluensimeningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia saat ini.

Pusat tekanan rendah atau sirkulasi siklonikdi Samudra Hindia barat laut Australia terpantau membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur. Sirkulasi siklonikjuga terpantaudi Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Selain itu, daerah konvergensi terpantau memanjang di pesisir barat Sumatera dari Sumatera Utara hingga Lampung, dari Banten hingga Jawa Barat, di Kalimantan Tengah, dan dari Teluk Cendrawasih hingga Papua.

Daerahkonfluensiterpantau di Laut Jawa bagian timur, Selat Makasssar, Laut Flores, Laut Banda, Laut Timor, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, perairan selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur, dan Laut Arafuru.

(ANTARA/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER