Indonesia Terima Donasi 1,2 Juta Dosis Vaksin Pfizer

CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 12:23 WIB
Pemerintah Indonesia telah aktif melakukan kerja sama secara multilateral dan internasional termasuk dengan Covax untuk dapat mengakses vaksin Covid-19. Ilustrasi vaksin Pfizer donasi dari Covax. (Foto: AFP/JUSTIN TALLIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Indonesia kembali menerima vaksin Covid-19 donasi dari Covax, pada Sabtu (22/1) malam. Sebanyak 1.257.750 dosis vaksin Covid-19 Pfizer didatangkan ke Indonesia dari hasil hibah tahap 201 tersebut.

Covax atau Covid-19 Vaccines Global Access sendiri merupakan sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin Covid-19.

Pemerintah Indonesia telah aktif melakukan kerja sama secara multilateral dan internasional termasuk dengan Covax untuk dapat mengakses vaksin Covid-19.


"Indonesia berperan aktif dalam upaya menyetarakan akses vaksin bagi negara-negara di dunia," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/1).

Usman mengatakan di Indonesia vaksin donasi ini akan segera didistribusikan secara proporsional ke daerah yang membutuhkan dalam rangka program vaksinasi nasional. Vaksinasi Covid-19 ini juga ditargetkan rampung pada 2022.

"Karena itu, kedatangan vaksin secara kontinyu menjadi sangat penting demi menjaga stok vaksin agar program vaksinasi bisa berlangsung secara lancar," ujarnya

Dia juga menegaskan bahwa vaksin donasi ini aman dan berkhasiat. Proses vaksinasi diawasi secara ketat, pemerintah juga disebut telah menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Vaksin Covid-19 yang digunakan ini aman dan berkhasiat, sudah mendapatkan izin Badan POM. Jangan ragu dan menunda vaksinasi hanya karena mendengar isu atau kabar tidak benar yang beredar," tuturnya.

Vaksin Covid-19 Pfizer merupakan salah satu jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi di Indonesia. Selain Pfizer, pemerintah menggunakan Sinovac, Moderna, AstraZeneca, dan Sinopharm.

Vaksin Pfizer juga bisa diberikan setengah dosis sebagai vaksin ketiga atau booster bagi penerima Sinovac atau AstraZeneca dalam program vaksinasi dosis pertama dan kedua.

(Mel/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER