UPDATE CORONA 23 JANUARI 2022

Rangkuman Covid-19: Kasus Aktif 18 Ribu, Antisipasi Lonjakan Kematian

CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 18:30 WIB
CNNIndonesia.com merangkum informasi seputar Covid-19 dalam 24 jam terakhir, diantaranya, jumlah kasus aktif Covid yang mencapai 18.891 kasus. Ilustrasi. Siswa SMPN 252 mengikuti tes usap PCR di Jakarta Timur. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus kematian pertama akibat Omicron pada Sabtu (22/1). Disebutkan dua orang pasien Covid-19 varian Omicron meninggal dunia.

Meski Kemenkes mengumumkan dua temuan kasus kematian itu, pemerintah hingga saat ini masih mengizinkan aktivitas masyarakat seperti PTM 100 persen. Pembatasan di sektor pekerjaan hanya berupa imbauan WFH.

Sementara itu ahli epidemiologi mewanti-wanti agar pemerintah segera melakukan mitigasi untuk mengurangi kasus Covid-19 di masyarakat.


CNNIndonesia.com merangkum informasi seputar Covid-19 dalam 24 jam terakhir, sebagai berikut:

Kasus Aktif 18 Ribu

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat penambahan kasus aktif sebanyak 18.891 kasus pada hari ini, Minggu (23/1). Sedangkan, penambahan kasus positif hari ini sebanyak 2.925 kasus sehingga total positif akumulasi 4.286.378 kasus.

Kasus sembuh bertambah 712 kasus, total sembuh menjadi 4.123.267. Satgas Covid-19 juga mencatat penambahan 14 kasus kematian sehingga 144.220.

Ahli Minta RI Waspada Lonjakan Kematian Omicron

Epidemiolog Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman mewanti-wanti pemerintah agar segera melakukan langkah mitigasi dengan cara membatasi mobilitas masyarakat.

Pasalnya, Dicky memprediksi bakal terjadi lonjakan kasus kematian akibat Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Selain itu, dua kasus kematian pada pasien Omicron bisa dianggap ultimatum kepada pemerintah agar lebih memperhatikan Covid-19 varian Omicron.

"Artinya seperti yang selalu saya sampaikan, Omicron ini variant of concern yang berbahaya, yang serius dampaknya dan ada potensi menyebabkan kematian dan keparahan pasien di rumah sakit," kata Dicky saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (23/1).

Kemenkes Antisipasi Lonjakan Kematian Imbas Omicron

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengaku pihaknya mewaspadai lonjakan kematian imbas Covid-19 varian Omicron. Diketahui dua orang pasien Omicron meninggal dunia baru-baru ini.

Nadia mengatakan sudah mempersiapkan dan mengantisipasi pelayanan kesehatan yang prima di RS serta kesiapan obat-obatan penunjang agar tak terjadi peningkatan kasus kematian di rumah sakit.

"Untuk prediksi peningkatan tren kasus kematian karena Omicron ini, kami sudah persiapkan baik obat, oksigen, dan konversi ruang perawatan untuk pasien Covid-19 di rumah sakit," kata Nadia saat dihubungi CNNindonesia.com, Minggu (23/1).

Dua Pekerja Jatim Positif Covid-19

Dua pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang dari Malaysia terkonfirmasi positif Covid-19berdasarkan hasil pemeriksaan menggunakan metode tes usap PCR, setibanya di Bandara Internasional Juanda, Jawa Timur.

"Saya bersama Pak Kapolda memantau langsung proses skrining Covid-19, mulai dari Bandara hingga ke tempat karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Minggu (23/1) seperti dikutip dari Antara.

Tim dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, masih mendalami jenis varianCovid-19 yang menginfeksi dua pekerja migran tersebut.

9 Warga Madiun Terinfeksi Omicron

Wali Kota Madiun, Maidi, mencatat sebanyak sembilan warganya positif terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Mayoritas warga terinfeksi merupakan klaster instansi perbankan.

"Saya sudah telusuri, hasilnya, ada yang positif Covid-19, 15 orang. Sebanyak 13 orang di antaranya Omicron. Sembilan dari Kota Madiun, empat dari luar," ujar Wali Kota Madiun Maidi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (23/1).

Kendati begitu, pihaknya masih memperbolehkan aktivitas masyarakat berjalan menggunakan protokol kesehatan ketat.

Indonesia Terima Donasi 1,2 Juta Dosis Vaksin Pfizer

Pemerintah Indonesia kembali menerima vaksin Covid-19donasi dari Covax, pada Sabtu (22/1) malam. Sebanyak 1.257.750 dosis vaksin Covid-19 Pfizer didatangkan ke Indonesia dari hasil hibah tahap 201 tersebut.

Covax atau Covid-19 Vaccines Global Access sendiri merupakan sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin Covid-19.

Pemerintah Indonesia telah aktif melakukan kerja sama secara multilateral dan internasional termasuk dengan Covax untuk dapat mengakses vaksin Covid-19.


Lihat Juga :
(mel/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER