80 Orang Kontak Erat dengan Pasien Omicron di Bandung Jalani Tes Swab

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 02:17 WIB
Sebanyak 80 orang menjalani tes PCR usai diduga kontak erat dengan enam pasien positif Covid-19 varian Omicron di Kota Bandung. Warga melintasi mural imbauan menjalankan protokol kesehatan di Jakarta. Jakarta, Senin, 24 Januari 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bandung, CNN Indonesia --

Sebanyak 80 orang menjalani pengetesan Covid-19 berbasis PCR usai diduga kontak erat dengan enam pasien yang positif Covid-19 varian Omicron di Kota Bandung. Pengetesan tersebut dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Bandung bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Daerah Jawa Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan jumlah orang yang dites tersebut cukup banyak mengingat varian Omicron disebut lebih cepat menyebar ketimbang varian Delta. Meski dampak pada orang yang terpapar tidak akan terlalu parah.

"Pokoknya ini semua mereka yang sudah kontak erat dengan enam pasien tersebut (dites), tapi hasilnya belum keluar," ujarnya di Bandung, Senin (24/1).


Lebih jauh Yana menuturkan, kondisi enam pasien yang mendapat perawatan dan melakukan isolasi di gedung BPSDM Kota Cimahi saat ini sudah lebih baik. Mayoritas gejala yang terjadi pada pasien adalah batuk.

"Jadi, relatif memang tidak bergejala parah. Bahkan ada satu orang juga yang melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Pemkot Bandung, Yana mengatakan enam orang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron tersebut tidak melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri. Mereka juga tidak melakukan kontak dengan orang yang pulang dari luar negeri.

"Jadi, ini dari transmisi lokal," ucapnya.

Meski ada kasus Omicron di Bandung, Yana meminta masyarakat tidak panik. Protokol kesehatan tetap harus dilakukan agar tidak mudah terpapar virus Covid-19.

"Kalau enggak ada kepentingan mendingan di rumah saja. Kalau dengan protokol kesehatan terjaga," cetusnya.

Adapun upaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi terjadi pada bulan ini, Pemkot Bandung sudah menambah ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan. Sejauh ini ada sekitar 600 hingga 700 tempat tidur yang bisa digunakan pasien.

Sebelumnya, sebanyak enam orang warga Kota Bandung terinfeksi virus covid-19 varian Omicron. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiani membenarkan kabar tersebut.

Lihat Juga :

Rosye mengatakan, keenam orang terkonfirmasi Omicron tersebut setelah adanya hasil tes Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan tim Labkesda Provinsi Jabar.

"Iya, ternyata terkonfirmasi ada Omicron di kita," ucapnya, Rabu (19/1).

Infografis - Gejala Covid-19 Varian OmicronInfografis - Gejala Covid-19 Varian Omicron. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
(hyg/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER