Jokowi Bantu Mak Unah, Lansia yang Tinggal di Atas Kandang Ayam

berbuatbaik.id | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 10:01 WIB
Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi saat bertemu Mak Unah di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Senin (24/1). Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi saat bertemu Mak Unah di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Senin (24/1). (Foto: Arsip Berbuatbaik.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada Mak Unah, lansia asal Kelurahan Sei Selincah, Kalidoni, Palembang.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi saat bertemu dengan Mak Unah di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Senin (24/1). Saat itu, Jokowi terlihat memberi bingkisan berbalut tas warna cokelat.

Sebelumnya, kisah kehidupan Mak Unah itu diketahui melalui laman berbuatbaik.id, yang mengungkapkan bahwa Mak Unah tinggal di rumah papan berukuran 3x3 meter bersama seorang adiknya.


berbuatbaik.idBantuan tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi saat bertemu Mak Unah di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Senin (24/1). (Foto: Arsip Berbuatbaik.id)

Okta, relawan berbuatbaik.id mengatakan, rumah yang ditempati Mak Unah itu pun hanya pinjaman. Di bagian bawah rumah, ada kandang ayam sehingga bau kotoran ayam pun menyebar. Selan itu, Mak Unah juga tak punya perabotan yang layak, dia masih menggunakan tungku dengan perabotan serba tanah liat.

Mak Unah dan adiknya setiap malam tidur beralas tikar karung, tanpa selimut. Mereka juga tak punya lemari baju, hanya kantong plastik penyimpanan.

"Sebenarnya dia punya rumah milik keluarga tetapi sudah roboh. Lalu tetangganya kasihan jadi dia diberi rumah ini," kata Okta kepada tim berbuatbaik.id beberapa waktu lalu," kata Okta.

Dalam kesehariannya, Mak Unah sudah tak berkegiatan. Sehari-hari, masyarakat sekitar yang membantu. Sementara adik Mak Unah masih bekerja sebagai buruh bangunan dengan upah Rp60 ribu sehari.

Ketika proses asesmen, Mak Unah mengeluhkan sakit kepala dan meminta sedekah demi membeli obat. Namun kemudian diketahui, Mak Unah belum makan sama sekali karena tak punya uang untuk membeli beras. Namun dengan sedikit bantuan, Mak Unah akhirnya bisa membeli beras dan makan.

[Gambas:Youtube]

(rea/rea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER