Polda Jabar Limpahkan Kasus Arteria Bahasa Sunda ke Polda Metro Jaya

CNN Indonesia
Rabu, 26 Jan 2022 12:07 WIB
Polda Jabar melimpahkan laporan Majelis Adat Sunda terhadap Arteria Dahlan terkait pernyataan menuding jaksa berbahasa Sunda ke Polda Metro Jaya. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Jawa Barat melimpahkan laporan yang dilayangkan oleh Majelis Adat Sunda terhadap anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan ke Polda Metro Jaya.

Majelis Adat Sunda membuat laporan atau aduan terhadap Arteria Ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Jawa Barat, di Bandung, Kamis (21/1).

"Laporan pengaduan tersebut sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya pada tanggal 25 Januari 2022," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Rabu (26/1).


Tompo mengungkapkan pelimpahan laporan tersebut lantaran lokasi kejadian atau locus delicti ada di Jakarta, yang merupakan wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Benar (karena lokasi kejadian di Jakarta)," ucap Tompo singkat.

Sebagai informasi, sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Majelis Adat Sunda melaporkan Arteria Dahlan ke Polda Jawa Barat.

Laporan ini buntut dari pernyataannya yang mempermasalahkan pemakaian bahasa Sunda oleh pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Barat di dalam rapat. Pernyataan itu dilayangkan Arteria dalam rapat Komisi III DPR RI dengan Jaksa Agung ST Burhanudin pada Senin (17/1).

Di sisi lain, Arteria telah menyatakan bahwa dirinya tidak bermaksud merendahkan atau mendiskreditkan suku dan bahasa Sunda.

Arteria menjelaskan bahwa pernyataannya itu bermaksud untuk mengingatkan pejabat-pejabat berlatar belakang suku Sunda di lingkungan kejaksaan terpilih karena berdasarkan kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas.

Usai dipanggil dan diberi sanksi peringatan oleh DPP PDIP, Arteria pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat atas pernyataannya tersebut yang telah memunculkan polemik.

"Terkait hal tersebut saya memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh warga masyarakat, kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, semua lah karena saya menganggap orang Sunda itu bagian dari keluarga besar kami," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta ada Kamis (20/1).

(dis/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER