Prabowo Janji Indonesia Punya 50 Kapal Perang Siap Tempur 2024

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 16:24 WIB
Menhan Prabowo Subianto menyatakan penambahan 50 kapal perang dalam dua tahun ke depan akan membuat TNI menjadi sangat kuat di kawasan Asia Tenggara. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjanji Indonesia akan memiliki 50 kapal perang pada 2024. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan Indonesia akan memiliki 50 kapal perang siap tempur hingga 2024. Prabowo mengaku sudah meloporkan rencana tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengklaim kekuatan TNI Angkatan Laut (AL) tak akan berkurang setelah menjual dua kapal perang, KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513.

"Saya telah laporkan ke Presiden, ke Kabinet, bahwa dalam 24 bulan (2 tahun), kita akan punya, mungkin sampai dengan 50 kapal perang yang siap tempur," kata Prabowo dalam rapat dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta,Kamis (27/1).


Ketua umum Partai Gerindra itu mengklaim TNI akan menjadi sangat kuat di kawasan Asia Tenggara. Ia pun meyakini TNI AL akan kembali jaya di samudera

Prabowo tak ingin alutsista TNI AL berumur tua. Menurutnya, KRI Teluk Penyu dan KRI Teluk Mandar saat ini sudah berusia 43 tahun. Menurutnya, penjualan alutsista yang sudah uzur merupakan hal alamiah.

Mantan Pangkostrad itu menyebut kapal-kapal yang bisa dirawat akan tetap dioperasikan, sedangkan kapal yang tak mungkin dipelihara sudah seharusnya dijual. Menurutnya, mengganti kapal yang sudah usang dengan kapal anyar justru baik untuk penguatan TNI.

"Kami sudah siapkan penggantinya. Tadi KSAL sudah katakan, yang dihapus atau yang akan kita, katakanlah, keluarkan dari daftar aktif, dilelang dan sebagainya, sudah ada penggantinya," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid menyatakan bahwa komisinya menyetujui rencana penjualan KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513. Persetujuan diberikan setelah mendengar alasan yang disampaikan Prabowo dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

"Setelah mendengarkan penjelasan Menhan, Menkeu, [dan] KSAL, Komisi I DPR RI memutuskan menyetujui usulan penjualan kapal eks KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513 pada Kemhan," ucap Meutya.



Sementara Yudo Margono mengajukan penghapusan 22 unit KRI, selain KRI Teluk Mandar 514 dan Teluk Penyu 513. Menurutnya, penghapusan kapal-kapal tersebut berdasarkan keputusan tim internal AL.

(mts/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER