2 Kiai Muda Jawa Timur Mundur dari PBNU Yahya Staquf

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 17:31 WIB
Keputusan keluar dari PBNU era Gus Yahya diklaim arahan para kiai sepuh NU di Jawa Timur untuk tetap berkhidmat di PWNU Jawa Timur. Ilustrasi PBNU. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua orang kiai muda Nahdlatul Ulama (NU) dari Jawa Timur yakni Abdus Salam Shohib atau Gus Salam dan Abdurrohman Al-Kautsar atau Gus Kautsar menyatakan mundur dari kepengurusan PBNU 2022-2027 di bawah Ketua Umum Yahya Cholil Staquf.

Keputusan itu mereka sampaikan setelah menerima arahan para kiai sepuh NU di Jawa Timur untuk tetap berkhidmat di kepengurusan PWNU Jawa Timur.

"Ya, atas arahan Kiai Sepuh agar kami tetap istiqomah berkhidmat mendampingi Rais dan Ketua PWNU Jawa Timur," kata Wakil Ketua PWNU Jawa Timur Gus Salam dalam keterangan resminya, Kamis (27/1).


Gus Kautsar sempat terdaftar sebagai Katib PBNU. Sementara Gus Salam menjabat sebagai Wasekjen PBNU.

Gus Salam mengatakan bahwa Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, KH Nurul Huda Djazuli yang meminta keduanya tetap berkhidmat membantu Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur, KH Anwar Manshur.

Sementara itu, Gus Kautsar bertutur singkat bahwa yang memerintahkan dirinya dan Gus Salam khidmah adalah Kiai Nurul Huda Djazauli.

"Ya, kami ditempatkan di mana saja monggo kerso beliau. Beliau jauh lebih pirso (memahami lahir batin) kualitas kami dari pada diri kami sendiri. Sam'an wa tha'atan (mendengar dan menaati)," kata Gus Kautsar.

Guna menindaklanjuti pengunduran diri dua kader muda Jatim itu, KH Nurul Huda telah menulis surat secara resmi yang ditujukan kepada Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. Surat itu tertulis tanggal 13 Januari 2022.

Pada Selasa, 18 Januari 2022 lalu digelar pertemuan di Pesantren Lirboyo terkait penyampaian pengunduran diri Gus Kautsar dan Gus Salam dari kepengurusan PBNU.

Wakil Sekretaris PWNU Jatim, Syukron Dossy menegaskan mundurnya dua tokoh tersebut tak ada hubungannya dengan masalah PKB dan hubungannya dengan NU.

"Ini murni karena keduanya berkhidmat untuk memperkuat jajaran PWNU Jawa Timur," kata Syukron.

Diketahui, sejumlah figur di jajaran PWNU Jawa Timur mendapat amanah untuk memperkuat jajaran kepengurusan PBNU periode 2022 -2027.

Terdapat nama Akh Muzakki yang menjabat Sekretaris PWNU Jatim sebagai Wakil Sekjen PBNU. Lalu Reza Ahmad Zahid menjabat akil Ketua PWNU Jatim sebagai Wakil Sekjen PBNU, termasuk KH Anwar Iskandar Wakil Rais PWNU Jatim sebagai Wakil Rais Aam PBNU.

(rzr/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER