Digeruduk, Kapolres Banjarmasin Mau Tembak Polisi Pemerkosa Mahasiswi

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 02:55 WIB
Mahasiswa ULM geram polisi di Banjarmasin yang memperkosa mahasiswi ULM hanya divonis 2 tahun 6 bulan bui. Polisi perkosa mahasiswi di Banjarmasin. (Istockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolresta Banjarmasin Kombes Sabana Armojo Martosumito menemui mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang menggelar aksi di kantor Kejati Kalsel karena Bripka Bayu Tamtomo, polisi di satuan narkoba yang memperkosa mahasiswi ULM hanya divonis 2 tahun 6 bulan bui.

Sabana mengatakan ke mahasiswa bahwa anggota polisi pemerkosa itu sudah dipecat. Ia juga mengatakan ia bisa saja menembak kepala Bripka Bayu sebagai hukuman pemerkosaan kalau saja dibolehkan secara hukum.

"Bahkan kalau ada UU-nya (undang-undang) boleh menembak, saya tembak kepalanya," katanya mengutip detikcom, Kamis (27/1).


Sabana memastikan Bripka Bayu juga sudah diberhentikan secara tidak hormat (PTDH) walau sempat minta banding.

"Tetap kita tolak dan berhentikan secara tidak hormat," katanya.

Ratusan mahasiswa ULM menggeruduk kantor Kejati Kalsel di Jalan DI Pandjaitan, Banjarmasin juga mengecam jaksa penuntut umum yang juga menuntut ringan polisi pemerkosa dengan 3,5 tahun penjara.

Selanjutnya massa aksi menggelar aksi di depan kantor Kejati Kalsel yang diwarnai teatrikal. Pada sebuah momen, mahasiswa berteriak-teriak 'mana polisinya' sehingga Kombes Sabana menemui massa.

Kasus pemerkosaan oleh Bripka Bayu dilakukan terhadap mahasiswi inisial DV pada Rabu (18/8) malam. Saat kejadian, korban diperkosa dalam keadaan tak sadarkan diri di sebuah hotel setelah sempat dicekoki minuman tertentu.

Pelaku dan korban sebelumnya memang saling kenal karena korban merupakan mahasiswi magang di satuan narkoba tempat Bripka Bayu bertugas. Pertemanan baik ini rupanya disalahgunakan pelaku, hingga berakhir dengan perlakukan tak senonoh tersebut.

Menurut kronologi sebelum diperkosa, korban sempat diajak untuk jalan-jalan. Mulanya, Bayu mengajak ke tempat hiburan malam (THM) namun ditolak korban. Dalam jalan-jalan tersebut pelaku sempat mampir di sebuah minimarket di Jalan A. Yani Km 13 untuk membeli minuman.

Selanjutnya, di dalam mobil, korban sempat dicekoki minuman energi yang diduga dicampur dengan alkohol dan campuran lain. Akibatnya, korban limbung dan lemas di dalam mobil.

Setelah sempat membawa korban berkeliling, terdakwa ini pun akhirnya membawa korban ke sebuah hotel. Di dalam hotel inilah dalam keadaan tak berdaya, korban diperkosa.

Baca berita lengkapnya di sini.

(tim/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER