Jokowi Ingatkan Bambang-Dhony Atur Investasi IKN Koordinasi ke Luhut

CNN Indonesia
Kamis, 10 Mar 2022 19:41 WIB
Presiden Jokowi mengingatkan koordinasi penting karena investor yang berminat dengan Ibu Kota Nusantara sangat banyak, baik dari domestik maupun dari luar. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menarik minat banyak investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Jokowi mengarahkan Kepala dan Wakil Otorita Nusantara, Bambang Susantono-Dhony Rahajoe untuk berkoordinasi langsung dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

"Di bidang investasi [berkoordinasi] dengan Pak Menko Luhut," kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas Pembahasan IKN di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/3).

"Saya harapkan karena yang berminat dengan Ibu Kota Nusantara ini sangat banyak, baik dari domestik maupun dari luar," sambungnya.

Menurut Jokowi, akan mudah bagi Bambang untuk berkomunikasi dengan menteri-menteri terkait pembangunan IKN. Bambang, kata Jokowi, telah memiliki berbagai pengalaman di bidang urban planning dan transportasi yang diklaim berhubungan dengan keuangan.

"[Berpengalaman] dengan finance kemudian [Bambang] juga terakhir memegang di Vice President di ADB saya kira dari sisi semua sisi ini lengkap," tambahnya.

Jokowi mengombinasikan kelebihan itu dengan pengalaman Dhony di bidang properti. Nantinya, untuk perencanaan pembangunan, keduanya akan berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Manoarfa.

"Pak Dhony yang mempunyai pengalaman di bidang properti, dari A-Z pernah mengalami. Sehingga akan gampang sekali beliau berdua berbicara dengan Pak Harso," tutur Jokowi.

Jokowi mencanangkan pemindahan ibu kota negara sejak terpilih pada Pilpres 2019. Dia bermimpi ibu kota negara akan menjadi langkah awal pemerataan pembangunan.

Mantan Wali Kota Solo itu pun berhasil menggolkan RUU IKN di DPR. Undang-undang itu didukung 8 dari 9 fraksi di parlemen. Pemindahan ibu kota negara tinggal menunggu penerbitan keputusan presiden.

(cyn/dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER