Semeru Kembali Semburkan Guguran Awan Panas Sejauh 4 KM

CNN Indonesia
Rabu, 23 Mar 2022 13:21 WIB
Gunung Semeru kembali meluncurkan Awan Panas Guguran (APG) sekitar pukul 03.53 WIB. Gunung Semeru menyemburkan awan panas guguran (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gunung Semeru Lumajang, Jawa Timur, kembali meluncurkan Awan Panas Guguran (APG) sekitar pukul 03.53 WIB. Jarak luncurnya 4 km dari puncak kawah ke tenggara, tepatnya ke kawasan Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.

Dari data Pos Pengamatan Gunung Api Semeru pada Rabu (23/3/2022) periode pukul 00.00 WIB-06.00 WIB, secara visual terpantau APG Semeru dengan jarak luncur 4 kilometer.

Secara visual dari pos pengamatan juga terpantau Gunung Semeru mengalami 12 kali letusan dengan tinggi asap antara 500-700 meter dengan warna asap putih kelabu.

Sementara berdasarkan pantauan seismograf Gunung Semeru mengalami letusan 18 kali, awan panas guguran satu kali, tremor harmonik 5 kali, vulkanik dalam 2 kali dan tektonik jauh 2 kali.

"Pukul 03.53 WIB terjadi APG dengan jarak luncur 4 km ke arah Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong. Status masih level tiga atau siaga," ujar Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi, Rabu (23/3).

Petugas mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di sektor tenggara di kawasan besuk kobokan sejauh 13 kilometer.

Selain itu masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi APG, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru.

"Masyarakat diimbau agar tidak beraktivitas di sektor tenggara di kawasan besuk kobokan sejauh 13 kilometer," kata Patria.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/isn)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER