Jembatan Balun Penghubung Surabaya-Tuban di Lamongan Ambles

CNN Indonesia
Selasa, 29 Mar 2022 18:15 WIB
Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana menyebut pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas akibat amblesnya Jembatan Balun tersebut. Jembatan Balun di Lamongan ambles sedalam satu meter. (Arsip Polres Lamongan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jembatan Balun di jalan nasional penghubung Surabaya-Tuban di Lamongan, Jawa Timur, dilaporkan ambles sedalam satu meter, dengan perkiraan panjang sekitar 12 meter.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.15 WIB, Selasa (29/3). Seorang saksi mata Fahrur Rozi (30), mengatakan jembatan sudah menunjukkan tanda-tanda mulai ambles sejak pukul 12.30 WIB.

"Beberapa jam sebelum ambles itu sudah ada tanda-tanda, kayak turun begitu, tapi amblesnya sekitar pukul 14.15 WIB," kata Rozi.


Rozi mengaku tak mendengar suara amblesan jembatan, yang terdengar justru suara teriakan dari pengendara mobil yang melintas.

Saat kejadian kata dia, ada beberapa mobil yang melewati jembatan tersebut. Terdapat pula truk gandeng yang melintas. Beruntung mereka berhasil lolos dari badan jembatan yang ambles.

"Ada teriakan dari mobil. Mereka lolos terus truk gandeng juga lolos. Bisa lanjut meskipun agak susah," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengatakan bahwa menyiapkan rekayasa lalu lintas akibat amblesnya Jembatan Balun tersebut.

Pasalnya jembatan itu berada di jalur poros nasional, yang menghubungkan Lamongan, Gresik, Surabaya, Bojonegoro, Tuban.

"Kami juga koordinasikan dengan pihak Surabaya, Gresik, Tuban maupun Bojonegoro. Kami informasikan sementara untuk tidak melintasi jalur Lamongan, " kata Miko.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional perihal perbaikan dan evaluasi Jembatan Balun tersebut.

"Kami segera koordinasikan dengan para stakeholder terkait. Apakah akan segera dibangun jembatan darurat atau tidak, yang penting kami mengatur arus lalu lintas dulu," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa, Kendaraan besar dari arah Gresik yang Tuban dan Semarang, dialihkan melalui Jalan Raya Daendles/Pantura melalui akses Manyar. Lalu kendaraan besar dari Tuban menuju Surabaya dialihkan ke Jalan Raya Daendles/Pantura.

Kemudian Kendaraan besar dari arah Bojonegoro dan Tuban menuju Surabaya bisa melewati Jalan Babat ke selatan arah Jombang. Sedangkan kendaraan pribadi dari arah Lamongan menuju Tuban bisa melewati jalur alternatif Kecamatan Sugio, Kedungpring, dan Babat.

"Kami mohon masyarakat bersabar. Kami akan siagakan anggota satlantas sampai kondisi aman dan lancar," pungkas Miko.

(frd/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER