Jokowi: Semua Orang Mau Mudik, Persiapan Harus Ekstra

CNN Indonesia
Rabu, 06 Apr 2022 13:05 WIB
Presiden Jokowi memerintahkan anak buahnya mempersiapkan pengelolaan arus mudik lebaran 2022 secara matang dari segala aspek. Presiden Jokowi memerintahkan anak buahnya mempersiapkan pengelolaan arus mudik lebaran 2022 secara matang dari segala aspek. Foto: Biro Pers Setpres/Biro Pers
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo memerintahkan anak buahnya mempersiapkan pengelolaan arus mudik Idulfitri. Jokowi ingin semua aspek persiapan mudik lebaran 2022 disiapkan dengan matang.

Jokowi memprediksi semua orang hendak mudik pada Lebaran kali ini. Oleh karena itu, Jokowi mau semua kemungkinan dihitung.

"Harus mulai dihitung betul. Ini bisa, kalau yang saya tangkap, di bawah ini semuanya mau mudik semua. Jadi, persiapannya harus ekstra," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/4).


Jokowi mewanti-wanti arus mudik Lebaran ini bisa di luar perkiraan. Dia memerintahkan anak buahnya menyiapkan skenario pengawalan arus mudik Idulfitri.

Mantan Wali Kota Solo itu memberi tugas khusus kepada Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan untuk menangani hal itu.

"Jangan sampai keliru mempersiapkan jalur mudik yang baik dan bisa meminimalisir kemacetan dan penumpukan arus mudik maupun arus balik nantinya," ujar Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik pada Lebaran Idulfitri. Warga boleh mudik asalkan telah menerima tiga dosis vaksin Covid-19.



Jokowi memprediksi 80 juta orang mudik pada tahun ini. Jumlah itu setara 53 kali lipat dari jumlah pemudik pada tahun 2021.

Syarat dan aturan mudik lebaran 2020 selengkapnya di sini.

(dhf/gil)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER