DPRD Usulkan Pemberhentian Gubernur Banten Ke Presiden Jokowi

CNN Indonesia
Rabu, 06 Apr 2022 19:40 WIB
DPRD Banten akan mengusulkan pemberhentian Wahidin Halim dan Andika Hazrumy dari jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten karena telah habis masa jabatannya. DPRD Banten akan mengusulkan pemberhentian Wahidin Halim dan Andika Hazrumy dari jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten karena telah habis masa jabatannya. (CNN Indonesia/Yandhi)
Serang, CNN Indonesia --

DPRD Banten akan mengusulkan pemberhentian Wahidin Halim dan Andika Hazrumy dari jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten karena telah habis masa jabatannya.

Saat ini, pemberhentian gubernur dan wakil gubernur (Wagub) Banten Wahidin Halim dan Andika Hazrumy tengah diproses DPRD Banten. Masa jabatan kepala daerah di Banten akan habis pada pertengahan Mei 2022.

Kursi Gubernur Banten nanti akan diisi oleh Pejabat Sementara (PJs) yang ditunjuk pemerintah pusat untuk mengisi jabatan kepala daerah hingga 2024 mendatang.


"Berkenaan dengan masa akhir jabatan gubernur dan wakil gubernur maka DPRD Provinsi Banten melakukan pengumuman pemberhentian melalui rapat paripurna DPRD," kata Ketua DPRD Banten, Andra Soni (6/4).

Andra mengatakan hasil rapat paripurna tersebut akan diusulkan dan disampaikan pimpinan DPRD kepada presiden melalui menteri dalam negeri. Penyampaian itu, sambungnya, paling lambat 30 hari sebelum berakhirnya masa jabatan untuk mendapat penetapan pemberhentian.

Berkas usulan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur telah ditandatangani para pimpinan DPRD, saat rapat paripurna dan akan segera disampaikan ke Mendagri dalam waktu dekat ini.

"DPRD mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur, Wakil Gubernur Banten kepada Presiden," jelasnya.

Diketahui, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wagub Banten tanggal 12 Mei 2022 atau tersisa sekitar 35 hari lagi.

Andika mengaku akan mengisi waktunya untuk berkumpul dengan keluarga usai berhenti jadi Wagub Banten, dan melakukan kegiatan lain di tengah masyarakat.

"Akan kembali ke masyarakat. Banyak yang bisa dilakukan, bisa mengajar dan sebagainya," kata Andika.

Dia mengaku belum terpikirkan untuk mencalonkan diri kembali di pemilu 2024, baik sebagai Gubernur ataupun Wagub Banten. Andika akan melihat kondisi di masyarakat terlebih dahulu, sebelum menentukan pilihannya.

"Nanti kita lihat di masyarakat bagaimana, yang jelas nanti saya jadi punya lebih banyak waktu untuk bersilaturahmi dengan masyarakat," jelasnya.

(ynd/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER