YLBHI Sarankan Jokowi Temui Mahasiswa di Aksi 11 April

CNN Indonesia
Sabtu, 09 Apr 2022 20:08 WIB
Ketua YLBHI menyinggung kebiasaan Jokowo blusukan ke masyarakat dan berharap melakukan hal yang sama saat ada demonstrasi pekan depan. Aktivis Mahasiswa melakukan aksi di depan Istana Negara, Jakarta, Jumat, 14 September 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur menyarankan Presiden Joko Widodo agar menemui mahasiswa pada Aksi 11 April.

Isnur menyinggung kebiasaan Jokowo blusukan ke masyarakat. Dia berharap Jokowi melakukan hal yang sama saat ada demonstrasi pekan depan.

"Presiden yang baik, apalagi katanya dia karakternya sering blusukan ke rakyat, ya samperin. Kalau ada tamu yang datang, dia datang menemui. Datang, dengar apa yang mereka sampaikan," kata Isnur saat ditemui di Kantor YLBHI, Jakarta, Sabtu (9/4).

Isnur menyampaikan langkah itu penting bagi Jokowi. Dengan menemui mahasiswa, Jokowi bisa menegaskan bahwa pemerintah mendengarkan aspirasi setiap kelompok masyarakat.

Jokowi juga bisa menegaskan sikap tentang perpanjangan masa jabatan. Isnur menyebut aksi ini digelar karena ketidakpuasan masyarakat atas respons pemerintah.

"Sekaligus menegaskan memang dia komitmen tidak perpanjang. Bukan sekadar meminta menterinya tidak bersuara. Mahasiswa menanti kalimat tegas dari Jokowi," ujarnya.

Menurut Isnur, sikap Jokowi juga akan jadi contoh bagi para aparat keamanan. Dia berharap Jokowi bisa memastikan aparat keamanan tak melakukan tindakan represif terhadap massa aksi.

"Semakin represif, justru semakin besar perlawanan, semakin antipati masyarakat kepada pemerintah," tuturnya.

Mahasiswa berencana menggelar aksi unjuk rasa di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (11/4). Aksi digelar dalam rangka memprotes wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Demonstrasi itu juga merespons kenaikan harga bahan bakar minyak serta bahan pokok. Mahasiswa ingin ketegasan Jokowi dalam merespons berbagai permasalahan negara.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER