Polri Uji Coba Skema Ganjil Genap Tol Cikampek Hari Ini

CNN Indonesia
Senin, 25 Apr 2022 06:50 WIB
Foto udara salah satu ruas jalan tol Cikampek, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)
Bandung, CNN Indonesia --

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal memberlakukan uji coba skema ganjil genap di ruas Jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, mulai Senin (25/4).

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, penerapan rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mengantisipasi kemacetan akibat arus mudik Lebaran 2022.

Dalam menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap ini, Korlantas menggandeng Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR. Uji coba akan berlangsung hingga Rabu (27/4).


"Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik," kata Eddy dalam keterangannya, Minggu (24/4).

Eddy menjelaskan, sejumlah ruas di Tol Cikampek sudah disiapkan untuk pemberlakuan uji coba ganjil genap tersebut. Diantaranya pada Senin (25/4) pukul 11.00-13.00 WIB, uji coba ganjil genap dilakukan di KM 47 sampai Gerbang Tol Cikampek Utara KM 70.

"Kemudian pada Selasa (26/4), ganjil genap akan diterapkan di KM 47 sampai Gerbang Tol Palimanan KM 188 dari pukul 11.00-13.00 WIB. Lalu di hari Rabu (27/4) ganjil genap dimulai pukul 10.00-17.00 WIB di KM 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 144," tutur Eddy.

Eddy menerangkan andai di dalam pelaksanaan uji coba ganjil genap ini tidak berjalan efektif, kepolisian akan mengeluarkan diskresi sistem contra flow hingga one way atau sistem satu arah.

"Dan apabila masih terjadi kepadatan melebihi batas maksimal, maka kami akan terapkan sistem one way," katanya.

Eddy mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memantau informasi mengenai arus mudik.

"Kepada masyarakat yang hendak mudik, mohon betul-betul cek kesiapan fisik maupun kendaraan anda, juga mengupdate informasi mengenai mudik. Besar harapan kami mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan optimal," tutur Eddy.

Terminal Banda Aceh Dipadati Pemudik, Didominasi Pemudik Mahasiswa

Menjelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, pemudik yang ingin pulang kampung dari terminal Batoh, Banda Aceh ke Sumatera Utara meningkat drastis. Para pemudik didominasi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di berbagai kampus di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Hal itu diketahui setelah Ditlantas Polda Aceh bersama Dishub Aceh melakukan pemantauan di Terminal Bus Batoh sejak tiga hari terakhir.

"Hasil pengecekan jumlah penumpang yang berangkat ke Medan, Sumatera Utara terjadi lonjakan penumpang yang sangat signifikan," kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani, Minggu (24/4).

Sementara itu, Kepala Terminal Batoh, Banda Aceh, Heri, mengatakan hampir setiap malam menuju lebaran hampir semua kursi di bus penuh. Tidak seperti biasanya, kata dia jumlah penumpang yang berangkat tidak lebih dari 45 persen dari kapasitas kursi yang ada.

Ia memprediksi mulai malam ini hingga H-2 lebaran jumlah penumpang terus meningkat. Apalagi Pemerintah sudah mengeluarkan izin cuti bersama mulai 29 April. (dra)

(hyg, dra/kid)


KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK