PPP Gerah Podcast Deddy Corbuzier soal LGBT: Take Down

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 13:35 WIB
PPP meminta Kominfo menurunkan video podcast yang memuat konten LGBT karena dinilai bertentangan dengan agama. Ilustrasi. PPP meminta kominfo menurunkan podcast LGBT (AFP/PHILIP FONG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Iqbal meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan take down atau menurunkan video podcast yang pasangan gay dan disiarkan di akun Youtube Deddy Corbuzier.

Menurutnya, video yang diunggah dengan judul 'TUTORIAL JADI G4Y DI INDO!! = PINDAH KE JERMAN (tonton sblm ngamuk) RAGIL AND FRED-Podcast' tersebut bertentangan dengan agama dan hukum dan bisa membuat kelompok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dan pernikahan sesama jenis meningkat di Indonesia.

"Jelas ini bertentangan dengan agama dan hukum yang berlaku di negeri ini. Kami meminta Kominfo untuk menurunkan, take down, video yang diposting pada 7 Mei 2022 itu. Kominfo berwenang untuk take down bermuatan yang bertentangan dengan hukum," kata Iqbal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (10/5).


Bahkan, ia mendorong, pemerintah memproses hukum semua pihak yang melakukan promosi LGBT dan pernikahan sesama jenis, termasuk Deddy, jika diperlukan.

Iqbal mengingatkan bahwa kebebasan berekspresi di media sosial berbasis internet memiliki batasan dan boleh melanggar hukum serta norma yang berlaku di Indonesia.

"Take down video itu sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat Indonesia, yang resah karena telah memberikan ruang ekspresi untuk pasangan LGBT dan pernikahan sesama jenis itu," katanya.

"Terlebih, perilaku menyimpang di Indonesia itu dikecam keras lantaran tidak sesuai dengan norma-norma kehidupan masyarakat Indonesia yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama," sambung Sekretaris Fraksi PPP MPR

Ia juga menyampaikan, promosi atau propaganda LGBT dan pernikahan sesama jenis yang dilakukan Deddy memiliki dampak yang sangat besar mengingat Deddy adalah seorang pembuat konten yang memiliki jutaan subscriber dan videonya ditonton jutaan orang.

Iqbal menambahkan, langkah Deddy melakukan promosi dan propaganda itu bisa membuat banyak kaum LGBT semakin tak segan mengekspresikan orientasi seks yang menyimpang di tengah masyarakat.

"Bukan tidak mungkin propaganda itu akan membuat jumlah LGBT di Indonesia semakin besar. Jangan sampai kaum LGBT merasa berhak untuk mengekspresikan orientasi seksual menyimbang mereka dan merusak moral dan tatanan masyarakat Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua MUI Bidang Dakwah Cholil Nafis mengomentari pihak yang memberikan ruang dan waktu untuk pasangan gay dan disiarkan lewat podcast di situs Youtube.

Menurutnya, kelompok LGBT tidak patut disiarkan hingga menjadi konsumsi publik. Cholil menganggap LGBT adalah suatu ketidaknormalan yang harus diobati. Bukan dibiarkan dengan dalih toleransi.

Deddy sendiri telah meminta maaf atas keributan dipicu oleh konten LGBT dalam podcastnya. Deddy juga menyatakan mencabut video tersebut.

"Saya akan menghapus videonya. Tapi saya tetap percaya mereka adalah manusia. Semoga mereka menemukan jalan yang lebih baik. Maaf untuk semuanya," tulis Deddy di Instagram pribadi.

Saat berita ini ditulis sudah tidak tampak podcast LGBT di akun YouTube Deddy Corbuzier.

(mts/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER