Penjabat Gubernur Banten Dilantik Besok, Sekda Akan Gantikan Wahidin

CNN Indonesia
Rabu, 11 Mei 2022 15:37 WIB
Nama Sekda Banten Al Muktabar menguat sebagai Penjabat Gubernur Banten, jelang pelantikan di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (12/5). Pemberhentian gubernur dan wakil gubernur Banten tengah diproses oleh DPRD. (CNN Indonesia/Yandhi)
Serang, CNN Indonesia --

Nama Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar menguat sebagai Penjabat Gubernur Banten, jelang pelantikan di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (12/5).

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Banten, Gunawan Rusminto mengonfirmasi kabar tersebut. Namun, Pemprov Banten belum menerima Surat Keputusan (SK) penjabat gubernur.


"Insya Allah kalau tidak ada halangan (jadi penjabat Gubernur Banten) beliau (Al Muktabar). Belum (menerima SK Pj Gubernur Banten). Info yang saya dapat dari Kemendagri seperti itu (SK akan diterima berbarengan pelantikan)," kata Gunawan, Rabu (11/5).

Wahidin Halim beserta Andika Hazrumi akan selesai masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten besok. Gunawan menyatakan pihaknya sudah mendapatkan surat undangan pelantikan.

"SK nanti diberikan besok setelah pelantikan Pj Gubernur. Insya Allah Pak Sekda sebagai Pj-nya. Saya baru dapat link surat undangannya (pelantikan) saja," ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah meminta jajaran menterinya agar menyiapkan penjabat pengganti gubernur, bupati, dan wali kota yang masa jabatannya habis pada 2022.

Jokowi mengatakan pada tahun ini terdapat 101 pengganti kepala daerah yang mesti disiapkan dengan rincian 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota.

Sebagai informasi, beberapa dari gubernur itu antara lain Gubernur Banten, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penunjukan penjabat gubernur di sejumlah daerah ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan kekuasaan.

Masa jabatan Pj Gubernur Banten akan berlangsung hingga 2024, atau hingga ada pelantikan kepala daerah baru.

(ynd/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER