KSPSI Akan Kerahkan 12 Ribu Buruh Ikut Aksi May Day di GBK

CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 17:52 WIB
KSPSI akan kerahkan 12.800 orang peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang akan digelar di kawasan Gelora Bung Karno, 14 Mei. KSPSI menggelar aksi di Patung Kuda, Jakarta Pusat Kamis (12/5) (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani memastikan akan ikut serta dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang akan digelar di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/5). Dalam aksi tersebut, KSPSI akan kerahkan 12.800 orang.

Hal itu Ia katakan di sela-sela demonstrasi massa buruh KSPSI yang digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (12/5).

"KSPSI kita tetap setia pada garis perjuangan. Dan pada [tanggal] 14 kami akan bersama 60 ribu buruh [Demo May Day] di GBK nanti dengan damai. KSPSI akan kerahkan 12.800 orang," kata Andi.


Andi mengatakan KSPSI tetap membawa empat tuntutan yang kerap disuarakan selama ini dalam momen aksi May Day lusa.

Pertama, menolak Undang-undang Cipta Kerja. Kedua, menolak revisi Undang-Undang tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (RUU PPP). Lalu, buruh menolak revisi UU 21 tahun 2000 tentang Berserikat Bagi Buruh.

"Dan kami tetap menolak upah murah dan keberangusan bagi serikat pekerja," kata dia.

Sebagai informasi, pelbagai serikat buruh dan Partai Buruh akan menggelar May Day pada Sabtu (14/5).

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan akan ada dua rencana kegiatan yang digelar lusa. Pertama, buruh akan melakukan aksi demonstrasi di DPR. Setelah itu, massa akan merayakan 'May Day Fiesta' di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Menurut rencana, acara digelar pada pukul 12.30 sampai 17.30 WIB.

"May Day Fiesta akan diselenggarakan di GBK. Bukan Istora atau JIS," kata Said.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER