Golkar-PAN-PPP Jajaki Koalisi Pilpres 2024: Bertiga Bersatu

CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 21:54 WIB
Setelah pertemuan malam ini, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka peluang koalisi dengan PAN dan PPP di Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka peluang partainya akan berkoalisi dengan PAN dan PPP di Pilpres 2024.

Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5).


"Insyallah [akan koalisi], tadi namanya "Bertiga Bersatu". Bersatu itu beringin, matahari dan kakbah," kata Airlangga usai pertemuan.

Logo Partai Golkar adalah Pohon Beringin. Sementara logo PAN bergambar matahari putih yang bersinar dan PPP memiliki logo gambar Kakbah dengan latar hijau.

Airlangga juga memastikan ketiga partai ini akan memulai kerja sama dari level pusat hingga kabupaten/kota. Salah satunya dengan saling menyamakan program antara ketiga partai tersebut.

Bahkan, Airlangga telah menginstruksikan pengurus Golkar di level provinsi dan kabupaten/kota untuk menindaklanjuti hasil pertemuan pimpinan tiga parpol tersebut.

"Pada kesempatan ini kami dari Golkar meminta dan instruksikan kepada seluruh jajaran Golkar untuk menindaklanjuti pertemuan ini dengan kerja sama baik dengan PAN dan PPP. Semoga kerja sama ini mendapatkan ridho oleh Allah," kata Airlangga.

Di sisi lain, Airlangga juga memastikan salah satu poin kerja sama ketiga parpol itu beriringan untuk mengawal keberhasilan program Presiden Joko Widodo. Di saat yang sama pula akan mengawal tahapan pemilu yang sudah disiapkan.

"Kita dorong persatuan dan kita menegaskan risiko akibat politik identitas," kata dia.

Di tempat yang sama, Suharso juga membuka peluang partainya akan berkoalisi dengan PAN dan Golkar di Pilpres 2024.

Ia meyakini anggota koalisi tiga parpol itu akan bertambah kembali di kemudian hari.

"Insyaallah, Insyaallah [akan berkoalisi]. Kemungkinan nambah pasti lah," ucap Suharso.

(rzr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER