Libur Panjang, Polda Jabar Siapkan Skema One Way Jalur Wisata

CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 18:11 WIB
Hari Waisak 2566 BE yang jatuh pada Senin (16/5) membuat hari libur di akhir pekan ini cukup panjang alias long weekend. Ilustrasi tempat wisata di Lembang. (dok. Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Jawa Barat menyiapkan skenario one way (satu arah) di sejumlah jalur wisata Jabar pada saat libur panjang akhir pekan ini.

Seperti diketahui, Hari Waisak 2566 BE yang jatuh pada Senin (16/5) membuat hari libur di akhir pekan ini cukup panjang alias long weekend.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Ibrahim Tompo mengatakan peluang one way bakal diterapkan di jalur wisata seperti di Lembang, Puncak Bogor, dan Pantai Pangandaran.

"Skema arus di Lembang kan selalu situasional. Kalau untuk kondisi normal masih dua arah, apabila padat maka akan ada one way dengan waktu sesuai kepadatan," kata Ibrahim di Bandung, Jumat (13/5).

Ibrahim Tompo mengatakan pihaknya juga memprediksi akhir pekan ini kawasan wisata menjadi sorotan lantaran kerap terjadi kepadatan arus lalu lintas setiap ada libur panjang.

"Akan ada banyak kunjungan ke kawasan wisata. Dimungkinkan adanya ledakan pengunjung di tempat wisata," ucapnya.

Selain melakukan patroli ke titik-titik yang dinilai rawan gangguan Kamtibmas, Ibrahim menyatakan polisi juga bakal melakukan pengecekan ke tempat wisata untuk dapat memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik.

Hal itu dilakukan mengingat situasi pandemi di Jabar yang masih berada dalam level 2 sebaran Covid-19.

"Tempat wisata juga dicek, dan berkoordinasi untuk tetap berlakukan prokes, untuk pembatasan karena memang saat ini level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan level 2," tuturnya.

Selain obyek wisata, serbuan pengunjung ke pusat perbelanjaan juga diprediksi akan ramai. Mal-mal di perkotaan pun menjadi sorotan untuk diawasi jika kepadatan terjadi.

"Wisata kota juga jadi atensi seperti di mal-mal. Karena masyarakat selama dua tahun tidak diberikan kelonggaran, pasti sekarang tidak terbendung," ucap Ibrahim.

(hyg/ain)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER