5.200 Aparat Diterjunkan Kawal Aksi Buruh May Day Fiesta Hari Ini

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 12:16 WIB
Ribuan personel itu akan ditempatkan di kantong-kantong massa di sekitar DPR dan beberapa pintu masuk GBK yang akan menjadi lokasi aksi mulai siang ini. Demo memperingati hari buruh sedunia, Sabtu (14/5). (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 5.200 personel kepolisian diterjunkan untuk mengawal aksi peringatan Hari Buruh Sedunia atau Mau Day yang digelar gabungan serikat buruh nasional di sekitar kompleks parlemen DPR dan Gelora Bung Karno, Sabtu (14/5) hari ini.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan ribuan personel itu akan ditempatkan di kantong-kantong massa di sekitar DPR dan beberapa pintu masuk GBK yang akan menjadi lokasi aksi mulai siang ini.


"Hari ini kita mengumumkan sebanyak 5200 personil ya, sudah kita tempatkan pada titik-titik yang tadi kami sampaikan," kata Komarudin dalam kepada wartawan di lokasi.

Dia menjelaskan, pengamanan terhadap aksi buruh terutama di GBK akan dilakukan di tiga ring. Masing-masing ring akan dimulai sejak pintu masuk kawasan GBK hingga bagian dalam stadion.

Menurut Komarudin selama aksi buruh dari 12 pintu masuk kawasan GBK hanya akan dibuka lima pintu utama. Masing-masing yakni pintu 1, 7, 8, 10, dan pintu 5.

"Kita harapkan bahwa petugas-petugas kami yang sudah kami sebar baik dari direktorat lalu lintas dan juga personal," katanya.

Nantinya, lanjut Komarudin, masa buruh yang datang dari wilayah Timur seperti Karawang, Bekasi, dan Bandung akan diarahkan masuk lewat pintu 10. Sedangkan massa yang datang dari arah Tangerang dan sekitarnya akan diarahkan masuk lewat pintu plaza Barat.

Selain itu, Komarudin mengatakan pihaknya juga akan menyaring massa buruh yang akan melalui sejumlah pintu tersebut. Upaya itu dilakukan untuk mencegah massa yang hendak memanfaatkan aksi buruh hari ini.

"Kita melakukan pemeriksaan terhadap pembawaan ataupun barang-barang bawaan seperti sajam, senpi kemudian juga miras termasuk juga mercon, dan sebagainya," kata dia.

(thr/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER