KSP Bantah Campur Tangan Istana di Balik Koalisi Golkar, PAN, PPP

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 21:35 WIB
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan membantah dugaan keterlibatan istana dalam pendirian koalisi Partai Golkar, PAN, dan PPP. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan membantah dugaan keterlibatan istana dalam pendirian koalisi Partai Golkar, PAN, dan PPP. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan membantah dugaan keterlibatan istana dalam pendirian koalisi Partai Golkar, PAN, dan PPP.

"Tidak ada kaitannya istana dengan pertemuan itu. Ini kan hanya silaturahmi, dalam rangka Lebaran. Sah-sah saja bertemu," kata Irfan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (14/5).

Irfan juga membantah pernyataan pengamat politik Hendri Satrio yang mengaitkan koalisi itu dengan wacana penundaan pemilu. Dia menegaskan perdebatan wacana itu sudah usai.


Ia meminta Hendri untuk tidak selalu mencurigai istana saat ada peristiwa politik. Dia mengingatkan bahwa saat ini masih dalam suasana Idulfitri.

"Mas Hendri Satrio ini orang baik, tetapi lebih baik menjaga lisannya, memperhatikan lagi tuduhannya. Jangan selalu mencurigai atau malah mau ambil keuntungan dari hal itu," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Golkar, PAN, dan PPP membentuk Koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi itu dibentuk dalam rangka pemenangan pada Pemilu 2024.

Pengamat politik Hendri Satrio mempertanyakan niat tiga partai itu membentuk koalisi jauh sebelum pemilu. Dia curiga ada campur tangan istana dalam pembentukan koalisi itu.

"Ada sebuah pertanyaan besar. Apakah ada arahan dari Istana? Karena tiga-tiganya parpol koalisi pemerintah," ucap Hendri dalam diskusi daring "Kasak Kusuk Koalisi Partai dan Capres 2024", Sabtu (14/5).

(dhf/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER