Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Ternak, Aceh Barat Lockdown

CNN Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 04:38 WIB
Tim gabungan petugas kesehatan hewan. TNI dan Polri melakukan penyekatan di perbatasan kabupaten Aceh Barat mencegah peredaran hewan ternak. Tim gabungan petugas kesehatan hewan. TNI dan Polri melakukan penyekatan di perbatasan kabupaten Aceh Barat mencegah peredaran hewan ternak (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim gabungan dari petugas kesehatan hewan serta TNI dan Polri melarang peredaran hewan ternak dari dan keluar Aceh Barat.

Kebijakan itu diterapkan guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah mewabah di berbagai daerah.

"Larangan ternak dari luar daerah masuk ke Aceh Barat untuk sementara ini untuk mencegah terjadinya wabah penyakit kuku dan mulut bagi ternak di dalam daerah," kata Kabag Operasional Polres Aceh Barat Kompol Iswar di Aceh Barat.


Petugas tetap tidak mengizinkan kedatangan hewan ternak dari daerah lain meski ada surat resmi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Danil Adrial juga telah meminta masyarakat agar menghentikan pasokan ternak sapi dan kerbau dari luar daerah.

Pemkab Aceh Barat bersama aparat bakal melakukan penyekatan di pintu masuk perbatasan kabupaten. Semua itu dilakukan agar Aceh Barat tetap terhindar dari penularan PMK.

"Sampai hari ini belum ada kasus wabah, hal ini perlu kita antisipasi segera dengan penyekatan ternak yang akan masuk ke Aceh Barat," tuturnya

(Antara/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER