Zubairi Respons PDSI: IDI Satu-satunya Organisasi Profesi Dokter

CNN Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 12:20 WIB
Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menjawab pertanyaan publik terkait deklarasi PDSI. Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menjawab pertanyaan publik terkait deklarasi PDSI. (CNN Indonesia/Melani Putri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menjawab pertanyaan publik terkait sikap IDI terhadap deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Zubairi mengatakan hingga saat ini IDI merupakan satu-satunya organisasi profesi di Indonesia yang dilindungi oleh hukum. Adapun PDSI merupakan organisasi profesi anyar bentukan mantan Staf Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto periode 2019-2020.


"Yang jelas IDI itu organisasi dokter yang dilegitimasi UU Praktik Kedokteran. Itu diperkuat putusan MK yang menyebut IDI satu-satunya organisasi profesi dokter," kata Zubairi melalui cuitan di akun twitter pribadinya @ProfesorZubairi, Selasa (17/5). CNNIndonesia.com telah diberi izin mengutip unggahan tersebut.

Zubairi juga memaklumi setiap organisasi memiliki permasalahan dan dinamikanya masing-masing, sehingga ia menghormati deklarasi pembentukan PDSI.

"Jurnalis bertanya tentang berdirinya PDSI. Jawaban saya simpel: inilah demokrasi. Penuh dinamika. Wajar saja," ujarnya.

Hal senada sebelumnya juga disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI Adib Khumaidi. Ia mengatakan bahwa organisasi kedokteran harus tunggal. Menurutnya, standar layanan, etik, kompetensi, dan mutu layanan harus muncul dari satu organisasi profesi kedokteran.

Adib menilai, apabila ada lebih dari satu organisasi kedokteran, maka hal tersebut akan memunculkan kebingungan standar yang diberikan kepada masyarakat.

Mantan anak buah Terawan, Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto mendeklarasikan berdirinya PDSI pada 27 April 2022. Jajang mengaku telah mengantongi SK Kemenkumham No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Baru-baru ini Jajang juga mengonfirmasi pihaknya telah bertemu dengan Terawan pada 13 Mei lalu. Pertemuan itu menurutnya sebagai upaya menindaklanjuti pendaftaran Terawan sebagai anggota PDSI usai diberhentikan dari organisasi profesi IDI.

Namun tak hanya sebagai anggota, Jajang juga mengklaim Terawan siap menjadi pengurus pusat PDSI. Ia juga memastikan PDSI akan sangat terbuka dengan inovasi yang dilakukan oleh Terawan.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER