Mabes Polri: Satu Tersangka Teroris Jaringan MIT Poso Menyerahkan Diri

CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 12:09 WIB
Tersangka merupakan pemuda berinisial MRW berusia 22 tahun. Ia mengikuti pelatihan bersenjata sebanyak dua kali bersama MIT Poso. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: Rakha/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri menyebutkan satu tersangka teroris dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah, telah menyerahkan diri ke Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror, Rabu (18/5).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan tersangka teroris yang menyerahkan diri itu adalah pemuda berinisial MRW berusia 22 tahun.

"Telah menyerahkan diri satu orang tersangka di Desa Bahoea Reko, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, pukul 09.30 WIB," ujar Ramadhan dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5).


Ramadhan mengungkapkan MRW melakukan pelatihan bersenjata sebanyak dua kali bersama kelompok MIT Poso.

Selain itu, MRW diketahui juga sudah melakukan sumpah setia (baiat) kepada pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurashi.

"Melakukan idad sebanyak dua kali dan baiat kepada amir ISIS," katanya.

Sebelumnya, Densus 88 Polri menangkap total 24 tersangka teroris di Sulawesi Tengah, Bekasi (Jawa Barat), dan Kalimantan Timur pada Sabtu (14/5). Para tersangka teroris itu diduga merupakan pendukung MIT Poso dan ISIS.

Ramadhan mengatakan 24 tersangka itu bertugas membantu para buronan untuk bersembunyi dan melarikan diri dari kejaran aparat.

Adapun MIT merupakan kelompok teroris Indonesia yang beroperasi di wilayah Pegunungan Poso, Parigi Moutong, dan Sigi. Kelompok ini terakhir dipimpin Ali Kalora.

Polisi menyebutkan ini tersisa dua tersangka dalam daftar pencarian orang (DPO) yang merupakan mujahid dari kelompok tersebut. Ali Kalora telah tewas tertembak dalam kontak senjata pada 18 September 2021.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER