Target Polri 2027 Semua Kendaraan Ganti Pelat Putih

CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 15:59 WIB
Korlantas Polri menargetkan semua kendaraan akan mulai menggunakan pelat nomor berwarna putih pada 2027. Ilustrasi. Kendaraan menggunakan pelat nomor putih tulisan hitam (Syailedra Hafiz/detik.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menargetkan semua kendaraan akan mulai menggunakan pelat nomor warna putih pada 2027.

"Berubahnya nanti dari tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih. Karena kan sudah lima tahun," kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus dalam keterangan resmi di situs NTMC Polri, Minggu (22/5).

Yusri menjelaskan, dalam kurun waktu lima tahun terdapat beberapa kendaraan yang menjadi prioritas untuk mengganti pelat hitam menjadi putih. Misalnya, kata dia, kendaraan baru, kendaraan yang memasuki pembayaran pajak lima tahunan, ataupun kendaraan yang dimutasi dan berpindah daerah.


Menurutnya penggantian warna pelat nomor itu tak dilakukan secara serentak. Sehingga, Yusri meminta agar masyarakat tak takut apabila belum menggunakan pelat berwarna putih.

"Enggak apa-apa (kalau masih pakai pelat hitam)," ucap dia.

Adapun perubahan warna pelat itu merujuk pada Peraturan Kepolisian Republik Indonesia (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Pada Pasal 45 ayat (1) huruf a dijelaskan bahwa TNKB nantinya akan berwarna putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, perwakilan negara asing, ataupun badan internasional.

Polisi mengklaim perubahan warna pelat itu dilakukan untuk mengefektifkan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE).

Sebagai informasi, Korlantas juga menyatakan bahwa proses lelang untuk pengadaan pelat putih itu telah rampung. Penerapan akan mulai dilakukan pada Juni 2022 mendatang.

(mjo/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER