MUI Kecam Dubes Inggris soal LGBT: Ciderai Masyarakat Indonesia

CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 13:52 WIB
MUI mengecam langkah Kedutaan Besar Inggris di Indonesia yang mengibarkan dan mengunggah foto bendera LGBT di akun medsos resmi. Bendera LGBT di Kedubes Inggris dikecam. (Tangkapan Layar Instagram/@ukinindonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam langkah Kedutaan Besar Inggris di Indonesia yang mengibarkan dan mengunggah foto bendera pelangi simbol kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di laman Instagram resmi mereka.

Ketua MUI bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim menilai Dubes Inggris telah gagal melaksanakan tugas utamanya dengan melakukan tindakan tidak terhormat itu yang telah menyebabkan ketersinggungan publik secara luas.

"Untuk apa seseorang ditugaskan sebagai Dubes kalau ternyata justru menimbulkan masalah di negara di mana dia ditugaskan," ujarnya dalam keterangan tertulis," Selasa (24/5).

Abdul memandang seharusnya Kedubes Inggris sudah paham betul tentang kultur dan budaya yang ada di Indonesia. Kendati demikian, ia mengaku tidak menemukan sikap tersebut ketika mereka memutuskan untuk mengibarkan bendera pelangi di Indonesia.

Lebih lanjut ia menilai pengibaran bendera LGBT itu juga tidak dapat dibenarkan dengan dalih dilakukan di halaman atau wilayah kedutaan Inggris. Sebab ia menilai hal tersebut tidak sesuai dengan watak dan kepribadian bangsa Indonesia maupun nilai-nilai Pancasila.

"Apapun alasannya, ini adalah tindakan yang tidak terhormat dan menciderai masyarakat Indonesia yang religius," tuturnya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta agar pihak Kedubes Inggris di Indonesia dapat segera menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Jika dia menyadari kesalahan fatalnya ini, hemat saya Dubes harus bersikap ksatria menyatakan penyesalan dan minta maaf kepada bangsa Indonesia secara terbuka," tegasnya.

Di sisi lain, Abdul juga mengaku mengapresiasi langkah Kementerian Luar Negeri RI yang langsung mengingatkan dan memanggil Dubes Inggris.

Menurutnya, hal tersebut sangatlah penting untuk mengingatkan kepada semua Duta Besar di Indonesia agar tidak melakukan tindakan-tindakan seenaknya.

"Mereka semua harus menunjukkan sikap hormat, santun dan kooperatif kepada bangsa Indonesia tidak saja sebagai bangsa muslim terbesar di dunia tapi juga sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat," pungkasnya.

Sebelumnya, Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris mengunggah foto melalui laman instagram @ukinindonesia. Foto itu memperlihatkan bendera pelangi simbol kaum LBGT yang berkibar di halaman Kedubes Inggris di kawasan Kuningan, Jakarta.

Dalam unggahan itu Inggris menilai penting mengambil sikap untuk sebuah nilai yang dianggap benar. Bahkan, sekalipun sikap tersebut tidak nyaman bagi teman.

(tfq/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER