Dianggarkan Rp45 M, Masjid 99 Kubah Karya Ridwan Kamil Lanjut Dibangun

CNN Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 19:02 WIB
Pemprov Sulsel ingin merampungkan pembuatan menara, kubah serta jalan melingkar Masjid 99 Kubah Asmaul Husna di Makassar. Pemprov Sulsel kembali menganggarkan Rp45 miliar untuk merampungkan pembangunan Masjid 99 Kubah Asmaul Husna di Makassar (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menganggarkan Rp45 miliar untuk merampungkan pembangunan Masjid 99 Kubah Asmaul Husna di Makassar. Desain masjid tersebut merupakan karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Masjid yang berada di kawasan Center Of Point Indonesia (CPI) itu bakal menjadi ikon baru tempat ibadah bagi warga Sulsel. Nantinya juga menjadi tempat rekreasi atau wisata religi bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar.

"Alhamdulillah, Rp 45 Miliar alokasi PAGU tahun 2022 ini untuk lanjutan pembangunan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna mulai dikerjakan. Sekarang mulai progres fisik pembangunan di lokasi," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (27/5).


Sejauh ini, Masjid 99 Kubah Asmaul Husna sebenarnya sudah bisa dipakai ibadah oleh warga sejak Maret 2022 lalu. Namun masih ada beberapa bagian masjid yang belum rampung dibangun.

Andi menjamin warga tetap bisa beribadah di sana meski pembangunan masih terus dilanjutkan. Pengerjaan tahun ini, kata Andi Sudirman berupa pembuatan kubah, jalan melingkar, hingga menara.

"Insya Allah tim dapat memastikan aktivitas pembangunan tidak mengganggu kegiatan ibadah di dalam Masjid," tuturnya.

Masjid 99 Kubah Asmaul Husna mulai dibangun pada Juni 2017 lalu saat Gubernur Sulsel masih dijabat Syahrul Yasin Limpo. Masjid tersebut memiliki luas 72x45 meter persegi.

Masjid hasil desain Ridwan Kamil itu bisa menampung 13.075 jemaah. Jika dirinci, 3.880 jemaah di ruang salat, 1.005 di mezzanine. Sementara di pelataran suci bisa menampung 8.190 jemaah.

(mir/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER