Surya Paloh: Anies-Ganjar Belum Tentu Jadi Capres Pilihan NasDem

CNN Indonesia
Kamis, 16 Jun 2022 20:33 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh merespons positif nama Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang banyak diusulkan oleh DPW NasDem. Ketum NasDem Surya Paloh menyatakan Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo belum tentu menjadi capres 2024 rekomendasi NasDem. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belum tentu menjadi calon presiden (capres) yang direkomendasikan kepada dirinya.

Menurutnya, meski Anies dan Ganjar diusulkan oleh mayoritas dewan pimpinan wilayah (DPW) NasDem, namun pemilihan capres bukan berdasar voting.

"Belum tentu [Anies dan Ganjar]. Karena pada dasarnya pembobotan yang kita lakukan itu sama, siapapun itu," kata Paloh kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/6).

Paloh mengungkap kepastian nama itu baru dapat diketahui besok malam saat penutupan rapat kerja nasional (rakernas).

Meski begitu, Paloh merespons positif nama Anies dan Ganjar yang banyak diusulkan oleh DPW NasDem. Diketahui nama Anies direkomendasikan oleh 32 dari 34 DPW, sementara Ganjar diusung oleh 29 wilayah.

"Cukup positif dari aspirasi yang ada dari para peserta rakernas ini. Tapi pada waktunya besok malam akan diumumkan siapa saja," ujarnya.

Lebih lanjut, Paloh mengungkap akan membangun komunikasi dengan capres rekomendasi dari hasil rakernas. Tak hanya itu, Paloh juga akan melakukan diskusi dan perenungan terkait tokoh-tokoh itu.

"Lalu saya pikirkan apa yang positif. Next time ada semacam perspektif yang lebih luas dari diskusi NasDem, memberikan penekanan aspek kualitas, responsbilities, dan leadership yang mumpuni," katanya.

Nama lain yang muncul dari usulan DPW NasDem adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Erick diusulkan 16 DPW. Kemudian Panglima TNI Andika Perkasa dan Rachmat Gobel yang diusulkan oleh masing-masing 13 DPW.

Selain nama Andika juga muncul nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman. DPW NasDem yang mengusulkan adalah Nusa Tenggara Timur dan DPW Bali.

(cfd/fra)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER