IDI Dorong Pemerintah Wajibkan Warga Pakai Masker di Ruang Terbuka

CNN Indonesia
Selasa, 21 Jun 2022 11:41 WIB
IDI menilai kasus Covid-19 sangat fluktuatif dan dinamis sehingga pemerintah harus segera menyesuaikan dengan kondisi terkini. Ilustrasi pandemi covid-19 di Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menerbitkan rekomendasi agar pemerintah kembali memberlakukan kewajiban pakai masker bagi warga saat berada di luar ruangan atau area terbuka.

Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 PB IDI Erlina Burhan menilai rekomendasi itu IDI terbitkan mengingat kenaikan kasus Covid-19 terjadi dalam beberapa pekan terakhir di Indonesia. Kasus harian Covid-19 tercatat melebihi 1.000 kasus selama enam hari berturut-turut.

"Pemakaian masker di ruang terbuka kembali dianjurkan," kata Erlina dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (21/6).

Erlina menjelaskan, kasus Covid-19 sangat fluktuatif dan dinamis sehingga pemerintah harus segera menyesuaikan dengan kondisi terkini. Ia meminta pemerintah sigap memberikan edukasi kepada masyarakat lantaran saat ini kondisi psikologis masyarakat mulai jenuh dengan kondisi pandemi sehingga cenderung abai protokol kesehatan.

"Dalam kondisi saat ini, kami dari PB IDI meminta agar tetap gunakan masker meski di ruang terbuka apalagi di ruang tertutup," kata dia.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi pandemi virus corona di Indonesia. Kebijakan itu diumumkan Jokowi pada 17 Mei lalu.

Namun ada sejumlah kondisi tertentu dan golongan orang yang tetap wajib menggunakan masker, di antaranya yakni kegiatan di ruangan tertutup, transportasi publik.

Kemudian Masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia dan warga yang memiliki komorbid alias penyakit penyerta, serta masyarakat yang mengalami gejala pilek dan batuk.

Sementara masyarakat yang tengah melakukan aktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat manusia telah diberi izin untuk tidak memakai masker.

(khr/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER