Ridwan Kamil dan Keluarga Diundang Kerajaan Saudi untuk Naik Haji

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 15:23 WIB
Ridwan Kamil mengaku mendapat undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk berhaji tahun ini. Dia akan berhaji bersama istri dan anaknya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bandung, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dirinya dan keluarga diundang oleh Kerajaan Arab Saudi untuk berhaji tahun ini.

Emil, sapaannya, pamit untuk berangkat haji awal Juli bersama istri dan anak keduanya menunaikan ibadah haji.


"Saya dapat rezeki, tadinya kan saya dapat Amirul Haj lewat dinas. Tapi saya ikhlaskan saya kasihkan ke pendamping haji yang belum haji ternyata malah dikasih gantinya oleh Kerajaan Saudi jadinya tamu," kata dia di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (22/6).

Emil menyampaikan terima kasih atas undangan khusus yang diberikan dari Kerajaan Arab Saudi. Dia juga memastikan akan berangkat haji beserta istri dan anak perempuannya tahun ini.

"Jadi, saya yang seharusnya saya saja (berangkat haji), Kerajaan Saudi berbaik hati mengasih ke saya, istri saya sama Zara. Jadi kami akan berhaji dengan anggaran dari kerajaan yang tentunya hatur nuhun, alhamdulillah," ujarnya.

Sebelum mendapatkan undangan khusus dari Kerajaan Arab Saudi, Emil memang sudah direncanakan berangkat haji sebagai Amirul Haj. Sebab, dirinya mendapatkan giliran setelah sebelumnya dijalankan oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

"Saya sendiri akan menjadi Amirul Haj, akan berangkat memimpin haji Jawa Barat jumlahnya ada 17 ribu. Saya berangkat mungkin di awal Juli, memastikan jemaah Jawa Barat yang beruntung karena hanya 40 persen yang mendapatkan kuota berangkat itu bisa melaksanakan haji dengan baik, tidak kekurangan logistik, pulang ke Tanah Air dengan sehat dan selamat," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Jabar Azam Mustazam menuturkan setiap harinya dua kloter diberangkatkan dari embarkasi. Adapun totalnya sebanyak 44 kloter jemaah haji di Jabar.

"Sebanyak 17.666 jemaah haji, semua berangkat karena kuota segitu semuanya. Dari 60 tahun ke bawah dan 18 tahun ke atas berangkat," tuturnya.

(hyg/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER