Ketua DPRD Minta Anies Tetap Bertugas dengan Baik Sampai Akhir Jabatan

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 04:25 WIB
Masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495 di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (22/6). Foto: (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi berharap Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria tetap melaksanakan tugas dengan baik hingga akhir masa jabatan pada Oktober mendatang.

Hal tersebut disampaikan Pras dalam pidatonya di Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495, Rabu (22/6).

"Di sisa masa tugas yang masih ada, kami mengharapkan kiranya Gubernur dan Wakil Gubernur tetap mempertahankan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, dan tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Pras.


Menurut Pras Jakarta akan menghadapi sejumlah masalah yang lebih kompleks. Ia pun memastikan DPRD DKI Jakarta sebagai lembaga legislatif akan selalu melakukan evaluasi serta koreksi terhadap sejumlah program Pemprov DKI.

Ia mengatakan evaluasi dan koreksi itu juga berlandaskan aspirasi masyarakat dengan tetap menjaga keharmonisan hubungan baik antara legislatif dan eksekutif.

"Sehubungan dengan hal itu, tidak melupakan unsur Forkopimda dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat agar turut serta dalam pembangunan di Kota Jakarta," ujar dia.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan momentum pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur juga harus menjadi peluang untuk mempercepat pembangunan di Jakarta sebagai salah satu kota global.

Menurutnya kota global merupakan sebuah kota yang dianggap menjadi titik penting dalam sistem ekonomi global.

"Kota yang tidak lagi berorientasi sebagai pusat ekonomi nasional, tetapi juga kota yang dapat bersaing dengan kota-kota lain di dunia," jelasnya.

Menurut Pras untuk menjadi kota global, pembangunan infrastruktur dan gelaran event internasional tanpa mengesampingkan budaya Kota Jakarta.

Selain itu, mobilitas penduduk harus berbasiskan kendaraan umum ramah lingkungan serta peningkatan fasilitas kesehatan dan pendidikan yang berstandar internasional.

"Kota global itu bukan hanya dilihat dari aspek ekonominya saja, namun aspek budaya, aspek sosial, aspek pendidikan. Semua aspek tersebut harus dilakukan secara profesional," kata dia.

Sementara itu, Anies Baswedan berjanji dirinya akan tetap fokus dan terus menata Jakarta. Ia mengaku akan bekerja sampai masa baktinya tuntas.

"Saya masih terus bekerja di Jakarta. Tidak ada kata akhir sampai sudah tuntas," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

(dmi/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER