Kemendagri Sentil DKI: 132.345 Warga Jakarta Miskin Ekstrem

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 17:03 WIB
Kemendagri meminta Pemprov DKI lebih serius mengurus kemiskinan. Meski ada penurunan angka kemiskinan, itu dianggap belum cukup. Pemukiman warga di sekitar jalur kereta barang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok. Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019. Ada ratusan ribu penduduk Jakarta masuk kategori miskin ekstrem berdasarkan data Kemendagri. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara khusus memerhatikan masalah kemiskinan di wilayahnya.

Pasalnya, menurut Suhajar berdasarkan data terakhir tahun 2021, di Jakarta masih ada 132.345 penduduk Jakarta masuk kategori miskin ekstrem.


"Mengenai tingkat kemiskinan, hal ini perlu mendapat perhatian khusus, karena DKI Jakarta saat ini masih mencatat jumlah penduduk dengan kemiskinan ekstrem sebesar 132.345 jiwa," kata Suhajar dalam sambutannya di acara Rapat Paripurna HUT DKI Jakarta ke-459, Rabu (22/6).

Menurut Suhajar fakta ini penting untuk lebih dicermati karena pandemi Covid-19 juga memiliki dampak pada ketimpangan pendapatan warga ibu kota.

Dia menyebut ketimpangan pendapatan itu tercermin dari Gini Ratio DKI Jakarta yang sedikit memburuk, dari 0,399 pada tahun 2020 menjadi 0,409 pada tahun 2021.

"Masalah ini memerlukan keseriusan karena ketimpangan pendapatan berkorelasi kuat dengan kesenjangan sosial yang dapat menciptakan kerawanan, terutama di kota besar seperti Jakarta," papar dia.

Suhajar tak menampik tingkat kemiskinan di Jakarta menurun. Pada tahun 2020 tercatat ada 4,69 persen orang miskin di Jakarta. Angka tersebut kemudian turun menjadi 4,67 persen pada tahun 2021.

Kendati begitu, menurut Suhajar, penurunan angka tersebut masih di bawah target yang dicanangkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Meskipun demikian pencapaian ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan oleh Pemerintah DKI Jakarta yaitu 3,85 persen," jelas dia.

Sebelumnya, puluhan warga miskin kota juga sempat menggelar aksi demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta, Selasa (21/6). Mereka meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk lebih memperhatikan nasib warga miskin kota.

Aksi ini digelar sebagai sindiran bahwa dalam peringatan HUT DKI Jakarta ke-495, jumlah penduduk miskin kota semakin banyak.

CNNIndonesia.com sudah berupaya mengonfirmasi tuntutan para warga miskin kota ke Pemprov DKI. Namun, Asisten Kesejahteraan (Askesra) Sekda DKI Jakarta Uus Kuswanto dan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari belum merespons panggilan telepon maupun membalas pesan teks yang diajukan.

(dmi/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER